Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang telah merelokasi PKL di Jalan Merdeka dan Pemuda ke Lapangan Tarakan.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemasangan CCTV untuk memantau aktivitas dan keamanan di Lapangan Tarakan, Kamis (27/6/2024) malam.

Kepala Dinas Kominfo Evan Ernanda mengatakan pemasangan kali ini baru pada satu titik mengunakan dua CCTV, itu dilakukan untuk pemetaan awal di lokasi agar pemasangannya efektif dan efisien.

“Sekarang kita pasang satu spot dulu pakai 2 CCTV untuk melihat tampilan di lokasi saat ini, sebagai gambaran kita untuk mendapatkan data pemetaan pemasangan CCTV berikutnya, agar pemasangannya bisa efektif dan efisien,” kata Evan.

Setelah data pemetaan didapat, Evan menyatakan pihaknya akan segera melanjutkan pemasangan CCTV di spot lainnya di Tarakan.

“Kalau sudah dipetakan, nanti beberapa hari kedepan akan kita tambah lagi CCTV nya yang sekarang ini lagi nunggu pengiriman barangnya,” lanjutnya.

Tidak hanya oleh Dinas Kominfo, CCTV tersebut juga akan terkoneksi ke Forkopimda dan OPD pengampu relokasi PKL ke Tarakan seperti Satpol PP, Dishub, Disprindagkop dan Dinas Lingkungan Hidup.

Selain CCTV, Evan menyebut Diskominfo juga akan menyiapkan perangkat WiFi gratis di Lapangan Tarakan.

“Kita akan tambahkan juga WiFi gratis disini (Tarakan) untuk publik,” ungkapnya.

“Saat ini sudah ada 3 provider yang siap mendukung kita dalam pemasangan WiFi,” tutupnya. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo