Singkawang, MC – Sejumlah wilayah dan beberapa ruas jalan di Kota Singkawang kembali terendam banjir. Banjir yang terjadi, dikarenakan sejak Rabu (11/12/2019) sore hingga malam intensitas curah hujan yang mengguyur Kota Singkawang cukup tinggi. 

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meminta kepada BPBD untuk segera melakukan pendataan daerah-daerah mana saja yang tergenang banjir. 

“Jika memang diperlukan evakuasi, maka BPBD Singkawang harus sudah siap dengan tempat dan bantuannya,” katanya, Jumat (13/12/2019).

Dia juga mengimbau kepada anak-anak untuk tidak bermain air terlalu jauh dari rumah dan jangan sekali-sekali mendekati sungai. 

“Hal itu saya ingatkan guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” ujarnya.  

Kepala BPBD SIngkawang, M Syafruddin mengatakan, banjir yang terjadi akibat curah hujan sejak Rabu sore hingga malam hampir merata. 

“Bahkan saat ini kami sedang melakukan evakuasi kepada warga yang tinggal di Perumahan Artha 5 Jalan Wonosari, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah,” katanya.

Sementara itu, warga Singkawang Ajung mengatakan ketinggian air khususnya di Pasar Baru Singkawang sudah mencapai selutut orang dewasa. 

“Saya berharap agar hujan tidak lagi turun sehingga banjir yang merendam rumah saya segera surut,” kata salah seorang warga Pasar Baru Singkawang, Ajung. 

Dia mengatakan, banjir yang merendam rumahnya sudah terjadi sejak Rabu (11/12) malam. 

“Sangat deras hujannya,” ujarnya.

Dan biasanya, kalau memasuki musim penghujan, air bisa masuk ke dalam rumah sampai sepinggang orang dewasa. 

Sementara, seorang guru yang mengajar di Sekolah Kasih Yobel Singkawang, Sigit mengatakan, banjir yang merendam halaman sekolahnya cukup mengganggu siswa. 

“Hanya saja belum tinggi,” katanya. 

Jika hujan deras masih terjadi beberapa hari kedepan, bukan tidak dimungkinkan banjir akan semakin tinggi dan siswa juga bisa diliburkan. 

MC. Kota Singkawang