Singkawang, MC – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap III dalam rangka penyelarasan draft master plan smart city Singkawang. Bimtek tahap III ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 Agustus 2022 di TCM Room kantor Wali Kota Singkawang, sebagai tindaklanjut Bimtek tahap II beberapa waktu lalu.

“Di sini kami hadir kembali untuk melanjutkan apa yang kemarin sudah kita jalankan. Dan saya ingin mengingatkan kembali, kita sudah memasuki bimtek tahap yang ke 3 dari 4 bimtek yang akan kita jalankan. Yang Insya Allah bulan depan kita bersama akan menuntaskan semua tugas-tugas kita.” Kata salah satu Tenaga Ahli Tim Pembimbing Penyusunan Master Plan Smart City Lukito Edi Nugroho.

Lukito menyampaikan agenda Bimtek tahap ke II yang telah dilaksanakan sebelumnya masih banyak kekurangan, sehingga perlu dilakukan penyempurnaan lebih lanjut. Seperti salah satunya inovasi – inovasi yang disampaikan pada lembar kerja masterplan masih belum terarah.

“Berdasarkan hasil dari pertemuan bimtek II, dan yang telah kami kaji bersama bahwa pada lembar kerja masterplan belum semua OPD mengisikan inovasi-inovasi sehingga banyak kolom isian yang masih kosong. Masih banyak kekeliruan dalam pengisian inovasi yang diusulkan dengan letak dimensinya, inovasi yang diusulkan kurang didukung oleh OPD lain dan inovasinya tidak ada yang berjangka panjang.” katanya.

Ia mengatakan agenda Bimtek tahap ke III ini dilaksanakan sebagai penyempurnaan dan tindak lanjut dari inovasi – inovasi yang disampaikan pada tahap ke II. Dimulai dari melengkapi kertas kerja dengan pendekatan yang lebih terstruktur. Dan selanjutnya memahami kebutuhan – kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan inovasi-inovasi yang telah direncanakan seperti kebutuhan kelembagaan, peraturan, infrastruktur dan lain lain.

“Di pertemuan bimtek yang ke III ini akan kembali diberikan lembar kerja masterplan untuk bapak/ibu semua untuk menyempurnakan pekerjaan kita di tahap ke II yang masih belum terarah, karena Ide-ide yang dimasukkan ke dokumen Master Plan harus terstruktur. Dan langkah selanjutnya yaitu memahami kebutuhan – kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan inovasi-inovasi yang telah direncanakan seperti kebutuhan kelembagaan, peraturan, infrastruktur dan lain lain.” ujarnya.

Ia berharap pada agenda Bimtek tahap ke III ini dapat terlaksananya identifikasi sektor – sektor yang menjadi prioritas, memahami sasaran pembangunan pada sektor – sektor tersebut, lalu merumuskan inovasi yang mungkin diusulkan. Kemudian dari inovasi – inovasi yang dihasilkan dapat dikolaborasikan bukan hanya dari satu OPD tetapi juga didukung oleh OPD – OPD lain serta inovasi tersebut dapat dikaitkan dan sejalan dengan program Rencana Pembangunan Daerah Kota Singkawang.

“Harapan kami di tahap ini kita sama – sama memperbaiki hasil dari yang sebelumnya, apapun yang diisikan nyambung. Jadi untuk merumuskan inovasi, diskusi dilakukan bersama tidak membedakan per dimensi. Tiap OPD mengusulkan peran dan inovasi yang bisa dilakukan untuk sasaran yang ingin dicapai. Inovasinya apa, terus dikaitkan dengan program RPD kota bapak/ibu.” harapnya.

“Sehingga jika hasilnya baik, di pertemuan bimtek ke IV bulan depan kita tinggal melakukan review dan mempoles saja.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik