Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro didampingi Lurah Pasiran dan Lurah Melayu melakukan inspeksi lingkungan di wilayah Kelurahan Pasiran dan Kelurahan Melayu, Rabu (1/11/2023).

Sembari bersepeda bersama, kegiatan tersebut difokuskan di sejumlah drainase tersumbat yang disinyalir menjadi penyebab banjir.

Lokasi yang menjadi perhatian utama berada di sekitar Pasar Turi Kelurahan Pasiran dan drainase yang menjadi tempat pembuangan limbah sisa usaha seperti yang terdapat di samping Kantor Kelurahan Melayu.

“Ini akan jadi rutinitas saya kedepannya, sambil bersepeda, saya juga bisa memantau langsung situasi lingkungan di Kota Singkawang, dan saya berharap masyarakat  benar-benar peduli dan bisa bersama pemerintah bersinergi menyelesaikan masalah ini (lingkungan). Saya yakin semua program kita akan berjalan sesuai rencana dan berkelanjutan,” kata Pj. Wali Kota.

Ketika memasuki kawasan Pasar Turi, Sumastro langsung berhenti di depan rumah warga yang drainasenya tersumbat dan air limbah rumah tangga hampir meluap masuk pinggiran jalan raya, hal itu bahkan terjadi pada saat intensitas curah hujan masih rendah seperti sekarang ini.

Melihat hal itu, Ia meminta agar warga berperan aktif membersihkan saluran dengan kerja bakti.

Lanjut di lokasi berikutnya, Pj. Wali Kota dibuat kaget atas ulah sejumlah tempat usaha yang menjadikan drainase sebagai tempat pembuangan limbah minyak goreng sisa pakai, yang menyebabkan penyumbatan sehingga mengakibatkan wilayah di sekitarnya menjadi titik rawan banjir meski diguyur hujan dalam waktu yang relatif singkat. Meskipun limbah tersebut menyumbat saluran, warga sekitar mau meluangkan waktunya untuk membersihkan saluran.

Ia menilai permasalahan ini tidak bisa diselesaikan hanya pada satu titik saja, perlu adanya pemantauan dari hulu hingga hilir untuk merumuskan masalah demi mendapatkan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah banjir.

Bid. IKP