Singkawang, MC – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI menggelar rapat pembahasan terkait pembangunan Bandara Singkawang di Kemenhub, Selasa (9/1/2024).

Rapat diikuti Pj Wali Kota Singkawang, jajaran Ditjen Perhubungan Udara, Kepala Kantor UPBU Tebelian Sintang dan Direktur PT. Pulauintan Bajaperkasa Kontruksi.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan rapat tadi membahas progres pembangunan Bandara Singkawang. Menurutnya, tim Kemenhub dalam waktu dekat akan turun kembali ke lokasi bandara dalam rangka verifikasi terhadap prasarana fisik bandara dari sisi udara (Pavement Classification Number) dan kelayakan fasilitas sisi darat yg telah dibangun.

“Tim Kemenhub dalam waktu dekat akan melihat lokasi bandara untuk verifikasi prasarana fisik sisi udara serta pemenuhan kebutuhan item mandatory untuk beroperasinya suatu Bandara,” katanya.

Sebelum Bandara Singkawang dinyatakan laik operasi, kata Sumastro tahapan selanjutnya akan dilakukan pendaratan pesawat kalibrasi untuk memastikan kesiapan fisik landas pacu dan peralatan keselamatan penerbangan.

Sumastro berharap seiring dengan perkembangan pembangunan, dukungan dari stakeholder dan para donatur serta komitmen dari seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Singkawang, Bandar Udara Kota Singkawang ini dapat terwujud dan segera diresmikan oleh Pemerintah Pusat di awal tahun 2024 ini.

Bid. IKP