Singkawang, MC – 23 atlet asal Kota Singkawang yang akan memperkuat Kontingen Kalimantan Barat di PON XXI Aceh-Sumut 2024 dilepas keberangkatannya oleh Pj Wali Kota, Selasa (20/8/2024) di kantor Wali Kota.

Pada PON yang akan dimulai 8 Sepetember 2024 di Aceh, Kota Singkawang mengirim 1 atlet cabor Bridge, 1 atlet Menembak, 6 atlet Cabor Anggar dan 15 atlet Barongsai dengan target raihan emas di semua cabor yang diikuti.

Pj Wali Kota Sumastro menyebut pelepasan tersebut sebagai dukungan Konkrit Pemkot Singkawang baik moril dan materiil kepada atlet yang berprestasi.

“Ini kita berikan spirit, bentuk dukungan Konkrit yang memang tahun ini kita memberangkatkan atlet berprestasi yang cukup banyak,” sebut Sumastro.

Selain mengejar prestasi, Sumastro berharap para atlet mampu memperkenalkan kota Singkawang di forum olahraga nasional.

Ia ingin konsistensi Singkawang semakin berkibar sebagai kota Tertoleran di Indonesia.

“Saya ingin momen itu dimanfaatkan para atlet Singkawang untuk tidak hanya menargetkan prestasi setinggi-tingginya, namun juga harus bisa memperkenalkan Singkawang dalam forum yang disana itu berkumpul para atlet dari seluruh Indonesia,” harapnya.

“Melalui olahraga tentu mereka akan mengenalkan nilai-nilai toleransi di Kota Singkawang,” lanjutnya.

Sumastro mengungkapkan, keberhasilan atlet panjat tebing Kalbar meraih medali emas Olimpiade Paris 2024 harus jadi motivasi bagi atlet Singkawang untuk berprestasi lebih tinggi hingga ke level internasional.

“Apalagi kemarin sudah ada atlet asal Kalbar yang bisa meraih emas di Olimpiade, ini harus jadi pemotivasi atlet kita untuk berlaga di Sea Games, Asian Games bahkan Olimpiade,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan itu, dirinya memang sengaja menargetkan seluruh cabor meraih emas, agar semangat mereka terus berkobar untuk raih prestasi terbaik.

“Saya memang menargetkan semua cabor yang kita ikuti mendapat medali emas,” ujarnya.

“Nilai harus kita tanamkan dalam diri atlet kita, supaya mereka terus bersemangat,” tambahnya.

Sementara, Ketua KONI Singkawang, Bambang Setiadi berterima kasih pada Pemkot dan DPRD Kota Singkawang yang secara khusus menganggarkan dana untuk uang pembinaan atlet yang berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Saya mengapresiasi Pemkot dan DPRD Singkawang yang sudah mensupport melalui penganggaran khusus berupa uang pembinaan atlet kita di PON,” ucap Bambang. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo