Singkawang, MC – Ramadan Fair tahun 2024 di Kota Singkawang menyuguhkan konsep yang berbeda. Arabian Night ala Timur Tengah menyemarakkan suasana Ramadan dan menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 H di Kota Singkawang.

Konsep Arabian Night disajikan dengan replika gurun pasir dan patung unta tiga dimensi serta tenda khas padang pasir di Beringin Corner.

Arabian Night ini merupakan bagian dari hias kota pada momentum ramadan di Kota Singkawang. Selain di Beringin Corner, Panitia Pelaksana juga memasang ornamen islami di sepanjang Jalan P. Diponegoro dan Bundaran 1001 AI.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan konsep Arabian Night ini memberikan warna tersendiri bagi masyarakat Kota Singkawang dalam suasana ramadan yang penuh kedamaian.

Sumastro menyebutkan Ide kreatif ini muncul dari gagasan anak muda lintas agama sebagai wujud toleransi yang nyata di kota Singkawang.

“Hal ini menjadi bagian dari sebuah anugerah untuk mewujudkan nilai persaudaraan sejati di Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia,” katanya, Jumat (5/4/2024).

Ia berharap lokasi Arabian Night ini menjadi spot menarik untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Heri Apriadi mengatakan hias kota dilakukan untuk membuat senang dan betah wisatawan yang berkunjung ke Singkawang dalam suasana ramadan dan menyambut Idulfitri. 

“Hakekat hias kota adalah kegiatan mempercantik serta memperindah kota dalam suasana Ramadan dan menyambut Idulfitri, supaya wisatawan bisa senang dan betah di Kota Singkawang,” katanya.

Bid. IKP