Singkawang, MC – Pandemi virus corona di Kota Singkawang masih melanda, hal tersebut memotivasi seorang penjahit asal Kota Singkawang Andi Khamariah untuk menggerakkan para penjahit dan relawan di Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Bengkayang, Mempawah dan Kubu Raya untuk membantu pemerintah melalui Gerakan Masker Gratis.

Aksi Gerakan Masker Gratis

Dalam waktu singkat niat mulia Andi mendapat respon positif dari tim yang dibentuknya. Berbekal diskusi dengan ketua GOW Kota Singkawang, Istri handayani yang dia angkat sebagai penasehat gerakan masker gratis dapat berjalan dan berkembang sesuai dengan harapan.

Ketua TTP PKK Singkawang menyerahkan masker gratis

Bahkan, diluar dugaan kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak antara lain tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Persit Chandra Kirana Cabang XLVI Kodim 1202 / Singkawang, Dekranasda Kota Singkawang, Paskas Singkawang, relawan dan donatur lain.

“Serasa mimpi program ini dapat berjalan dan berkembang seperti saat ini, awalnya hanya berniat dengan teman-teman untuk membuat masker gratis dan diberikan pada tenaga medis di Rumah Sakit, karena mereka kan berada di garda depan dengan memiliki resiko yang sangat tinggi, tapi seiring berjalannya waktu program ini berkembang menjadi sebuah gerakan yang mendapat dukungan dari berbagai pihak. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan program ini, ” ujar Andi, Senin (6/4/2020).

Andi mengungkapkan dalam distribusi tahap pertama terkumpul kurang lebih 1.500 buah masker yang berasal dari para relawan dan donatur, antara lain para penjahit, PKK, GOW, Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLVI Kodim 1202/ Singkawang serta donatur.

Wakil Wali Kota Singkawang ikut serta menyerahkan masker gratis

Tahap pertama masker didistribusikan pada Rumah Sakit Abdul Azis baik untuk tenaga medis, pasien dan petugas, Rumah Sakit DKT Kota Singkawang, lima Puskesmas, Pesantren dan para pedagang di Pasar Beringin dan pasar Ikan Ali Anyang Singkawang, pesantren dan beberapa Panti Asuhan.

Ketua GOW Singkawang menyerahkan Masker Gratis

“kami masih terus memproduk masker untuk kita distribusikan pada sasaran yang berbeda, Gerakan Masker Gratis ini tidak hanya untuk Kota Singkawang saja namun juga empat Kabupaten dan masing-masing Kabupaten memiliki koordinator,” ujarnya.

Setiap Koordinator Wilayah bertugas untuk merangkul relawan dan donatur sebanyak-banyaknya dan melibatkan masyarakat dalam gerakan ini.

Menurutnya, masker yang diproduksi setiap wilayah dimonitor mulai dari sistem pembuatan polanya, bahannya, tehnis menjahitnya samapai pada pendistribusiannya.

“Masing-masing koordinator secara berjenjang membentuk group Gerakan Masker Gratis melalui Whatshap untuk memudahkan komunikasi, khususnya agar masker yang kita bagikan memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan anjuran dari kementerian kesehatan,” katanya.

“Antar wilayah kita bangun kerjasama, jika salah satu wilayah kekurangan masker maka kita akan bantu dengan memberikan masker-masker sesuai kebutuhan dan kemampuan,” tambah Andi

Distribusi masker gratis diikuti Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan beserta Ketua TP. PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni dan ketua GOW Kota Singkawang, istri handayani beserta pengurus dan relawan bersama-sama dengan Paskas membagikan masker pada para pedagang dan pembeli di pasar Beringin Kota Singkawang.