Singkawang, MC – Sebanyak sembilan replika naga milik yayasan Santo Yosep Group Singkawang melakukan ritual buka mata naga dalam rangka festival cap go meh, di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang, Jumat (3/2/2023).

Ritual tersebut juga mengawali dimulainya pertualangan para naga untuk berkeliling kota memeriahkan puncak pelaksanaan Festival Cap Go Meh tahun 2023. Ritual buka mata naga dilaksanakan setiap tanggal 13 bulan pertama imlek.

Masyarakat etnis tionghoa di Kota Singkawang mempercayai replika naga memberikan berkah dan menghindari malapetaka. Ritual buka mata dilakukan supaya keamanan dan kesehatan yang tidak tampak dapat dibersihkan sehingga selalu dilimpahkan berupa kesehatan dan keamanan bagi masyarakat.

Satu persatu dari sembilan naga tersebut secara bergiliran masuk ke Vihara Tri Dharma Bumi Raya untuk dilakukan ritual buka mata oleh seorang suhu.

Sang suhu membuka mata naga dengan penanda sebatang dupa yang dilanjutkan dengan memercikkan air yang telah dibacakan mantra. Selain itu bagian ekor dan kepala naga dilukis dengan kuas dan tintu bersama rapalan mantra.

Ratusan warga pun berdatangan untuk menyaksikan secara langsung ritual buka mata naga. Mereka rela berdesakan dibawah terik matahari untuk melihat kesembilan naga yang menjalani ritual.

Usai melakukan ritual buka mata, para naga akan diarak keliling Kota Singkawang serta ikut pada Pawai Lampion dan Festival Cap Go Meh.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik