Singkawang, MC – Sebanyak 439 mahasiswa FISIP UNTAN TA 2021/2022 yang mengikuti program Kuliah Kerja Mahasiswa di Kota Singkawang. Program KKM kali ini mengangkat tema “Kuliah Kerja Mahasiswa Menjadi Mitra Percepatan Pembangunan Masyarakat”. Kedatangan peserta KKM ini disambut Wakil Wali Kota Singkawang di Basement kantor Wali Kota, Kamis (6/1/2021).

Wakil Wali Kota Irwan mengatakan metode pengajaran masa kini harus beradaptasi dengan perkembangan jaman sehingga dapat menjawab kebutuhan akan pendidikan bagi generasi muda masa kini.

“Jadi, kita yang senior jangan lagi terpukau dengan kenangan akan kesuksesan masa lalu. Generasi Milenial masa kini lebih membutuhkan waktu dan pembimbingan kita supaya mereka bisa melewati setiap persoalan dan tantangan masa depan dengan cara mereka sendiri,” katanya.

Ia berharap melalui program ini para peserta KKM dapat menjadi agen perubahan yang membantu percepatan pembangunan daerah, khususnya di Kota Singkawang.

“Semoga program KKM ini dapat menjadi agen perubahan guna membantu percepatan pembangunan di Kota Singkawang,” harapnya.

Dekan FISIP UNTAN H. Martoyo menyambut baik ruang yang diberikan Pemerintah Kota Singkawang kepada para peserta untuk melaksanakan program KKM. Ia meminta agar setiap peserta didayagunakan sehingga mereka mendapatkan pengalaman kerja dan gambaran lingkungan dunia kerja.

“Berorientasi pada proses Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKB), Keluaran Perguruan Tinggi harus Link and Match sehingga ada suatu kesesuaian antara ilmu dan praktek. Melalui pelaksanaan program KKM ini diharapkan dapat memberikan banyak pencerahan kepada para peserta. Oleh karena itu, saya meminta kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan yang ada dalam melaksanakan KKM,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia KKM Chainar mengatakan program KKM ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pegabdian Kepada Masyarakat.

Menurutnya, peserta KKM nanti akan menjalankan program KKM selama kurang lebih 1 bulan terhitung mulai tanggal 6 Januari 2022 hingga 6 Februari 2022.

“Nantinya, 439 peserta ini akan menjalankan program KKM yang tersebar di 5 (Lima) Kecamatan dan 26 Kelurahan. Selain itu, masing-masing mereka juga akan difasilitasi dengan pembimbing KKM sebanyak 26 pembimbing,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik