Singkawang, MC – Menyambut HUT Bhayangkara, Polres Singkawang bekerjasama dengan Yayasan Smile Train dan Rumah Sakit Umum Harapan Bersama (RSUHB) Kota Singkawang menggelar kegiatan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit, Sabtu (26/6/2021).

Operasi bibir sumbing ditangani langsung Dokter Doni Setiawan yang merupakan Dokter Spesialis Bedah Plastik bersama timnya.

Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan, operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini diikuti sebanyak 21 anak yang berasal dari berbagai daerah di Kalbar.

“Kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun karena sudah didukung oleh Dokter Doni bersama timnya,” katanya.

Kapolres berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja, tapi harus berkelanjutan kedepannya. Karena dengan berbuat baik kepada masyarakat, insya Allah akan mendapatkan balasan yang setimpal dan bisa menjadi ladang amal bagi umat yang melaksanakannya.

“Dari 21 anak yang terdaftar, 17 anak diantaranya bisa dilaksanakan operasi setelah melewati proses skrining. Sedangkan 4 anak lainnya reaktif, sehingga pelaksanaan operasi terhadap 4 anak tersebut terpaksa ditunda. Namun Dokter Doni menjamin, ketika 4 anak ini sudah dinyatakan sehat, bisa disusulkan operasi bibir sumbing di Pontianak secara gratis,” ujarnya.

Dokter Doni Setiawan mengatakan, dengan sudah dilakukannya operasi bibir sumbing nanti semoga dapat membuat anak-anak tersebut bahagia dan lebih percaya diri terhadap teman-temannya.

“Sehingga mereka merasa berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara,” katanya.

Sementara Direktur RSUHB Singkawang, Veridiana memberikan apresiasi kepada bapak Kapolres yang telah memilih rumah sakit yang dipimpinnya untuk pelaksanaan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit.

“Meski masih dalam suasana pandemi, kita masih bisa melakukan kegiatan yang positip khususnya kepada anak-anak yang memiliki cacat bawaan,” katanya.

Pada intinya, semua kegiatan akan dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan. Mudahan-mudahan kegiatan operasi dapat berjalan dengan lancar.