Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menyapa Jemaah Haji di dalam bis, Rabu (29/5/2024). Foto : Eko SR/Kominfo

Singkawang, MC – 113 Jemaah Haji asal Kota Singkawang telah diberangkatkan pada Tanggal 29 Mei 2024. Berlangsung di Kantor Wali Kota Singkawang, keberangkatan rombongan Jemaah Haji menuju Pontianak dilepas oleh Pj Wali Kota Singkawang.

“Jemaah diberangkatkan pada hari ini menuju Pontianak, mungkin akan tiba pada pukul 14.00 wib dan menginap di Pontianak. Kemudian akan berangkat ke Embarkasi Batam besok pagi,” Kata Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, Muhlis (29/5/2024).

Ia menyampaikan, adapun jemaah haji Kota Singkawang yang diberangkatkan terdiri dari 55 laki-laki dan 58 Perempuan serta 1 orang Petugas Haji Daerah.

“Untuk Jemaah Haji tertua tahun ini adalah perempuan dengan umur 78 tahun , sedangkan untuk Jemaah Haji termuda tahun ini juga perempuan yakni umur 21 tahun,” tuturnya.

Muhlis menambahkan, CJH Kota Singkawang tahun ini tergabung dalam kloter 19 Embarkasi Batam bersama dengan Kabupaten Ketapang, Kayong Utara dan Kota Pontianak.

“Dari Batam berangkat tanggal 31 Mei jam 16.00 WIB, dan insyaallah akan kembali lagi ke tanah air pada tanggal 12 Juli tahun 2024 mendatang,” sambungnya.

Tak lupa, Mukhlis mengucapkan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kota Singkawang yang telah memberikan dukungan, fasilitasi kegiatan hingga bantuan subsidi kepada para CJH.

Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji. Ia menuturkan, ibadah haji tentunya menjadi sebuah perjalanan fisik dan spiritual yang menyenangkan.

“Selamat menunaikan ibadah haji bagi seluruh jemaah yang berangkat hari ini. Ibadah haji ini selain ibadah spiritual juga ibadah fisik yang sangat menyenangkan, jadi harus dinikmati dan dijalankan dengan baik,” ucapnya.

Sumastro menekankan kepada seluruh jemaah haji untuk selalu tenang dan tidak panik selama proses menjalankan ibadah. Ia juga meminta kepada seluruh jemaah haji untuk saling menuntun dan memperhatikan satu sama lain saat berada di tanah suci.

“Saya titip pesan kepada rekan-rekan yang berangkat haji tahun ini untuk saling membantu dan memperhatikan, sehingga diharapkan tidak ada yang kesulitan ataupun tertinggal. Jangan pernah panik, tenang dan tetap khusyuk dalam beribadah,” harapnya.

Ia berharap semoga jemaah haji Kota Singkawang tahun ini dapat menjalankan ibadah dengan baik dan selamat hingga kembali ke Singkawang.

“Saya mendoakan semoga Bapak, Ibu dan saudara-saudara menjadi haji yang mabrur, selalu bahagia selama disana. Semoga Allah selalu melindungi dan memudahkan setiap langkah Bapak, Ibu semua,” tutupnya.

Bid. IKP/Kominfo