Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang segera akan melaunching Parade Senja oleh pelajar pada 17 November 2024 mendatang.

Parade Senja yang sejatinya berfokus pada penurunan Bendera Merah Putih tersebut akan diiringi kelompok paduan suara, parade baris-berbaris serta marching band.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan tanggal 17 sebagai waktuyang di tunggu-tunggu oleh pelajar di masa lalu.

Melihat potensi luar biasa siswa saat ini, Sumastro menginginkan kegiatan tersebut dilaksanakan kembali, tentunya dengan format yang disesuaikan dengan zaman.

“Dulu sebagai pelajar saya masih ingat, tanggal 17 setiap bulannya itu pasti di tunggu-tunggu oleh kami, jadi sudah saatnya kenangan itu kita ulangi kembali,” kata Sumastro, Kamis (24/10/2024).

“Tentunya disesuaikan dengan zaman pelajar sekarang dengan potensi-potensi serta kreativitas mereka yang luar biasa,” tambahnya.

Terkait teknis pelaksanaannya, Sumastro sepenuhnya menyerahkan kepada leading sektor berkolaborasi dengan stakeholder terkait.

Ia pun meminta seluruh Kepala Sekolah mendukung penuh program tersebut. “Saya minta bapak/ibu bersedia jadi bagian yang mendukung penuh program ini,” minta Sumastro.

“Saya serahkan sepenuhnya kepada pihak kepala sekolah dan Dinas terkait tentunya Disdik dan stakeholder terkait yang merancang konsep acara nya karena anda lah ahli nya,” ujarnya.

Sumastro juga meminta Mars Kota Singkawang dikumandangkan sebelum penurunan bendera saat pelaksanaan Parade Senja.

“Kita sudah punya Mars Kota Singkawang, saya ingin itu dinyanyikan sebelum penurunan bendera agar semakin populer Mars kita di kalangan pelajar,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Asmadi menyampaikan tujuan Parade Senja untuk penguatan profil pelajar Pancasila.

Selain itu juga untuk menanamkan Nasionalisme, Bangga sebagai bangsa Indonesia dan memperat rasa persatuan dan kesatuan serta rasa kekeluargaan antar seluruh pelajar.

“Ini kita adakan dalam rangka penguatan profil pelajar Pancasila, cinta tanah air bangga sebagai bangsa Indonesia dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan rasa kekeluargaan antar seluruh pelajar di Singkawang,” kata Asmadi.

“Dan tak lupa kita akan tampilkan kreasi pengembangan bakat kreativitas siswa, bisa saja ad kolaborasi antara jenjang pendidikan dasar dan menegah,” lanjutnya.

Terkait pelaksanaannya, Asmadi menjelaskan setiap sekolah akan mendapatkan giliran untuk tampil sesuai jadwal yang ditetapkan.

Selain dukungan pihak sekolah, Kadisdikbud berharap orang tua siswa, LSM peduli pendidikan serta pihak media mendukung penuh program tersebut.

“Program ini sangat baik dan mohon dukungan dari seluruh sekolah, paguyuban orang tua murid dan seluruh kelompok masyarakat peduli pendidikan serta rekan-rekam media di Singkawang,” harapnya. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo