Singkawang, MC – 17 Oktober selalu menjadi hari paling berkesan bagi Kota Singkawang. Puncaknya tercermin pada kemeriahan malam Gebyar Hari Jadi ke-23 Pembentukan Kota Singkawang tahun 2024 yang dilaksanakan di Stadion Kridasana, Kamis (17/10/2024) malam.

Pj Walikota Singkawang, Sumastro mengatakan, Gebyar Hari Jadi ke-23 tahun ini terasa lebih meriah karena dirangkaikan dengan raker Apeksi Regional Kalimantan dan Pekan Kebudayaan Daerah.

“Tahun ini kebetulan juga dihadiri dan diapresiasi oleh kabupaten tetangga dan seluruh Walikota se-Kalimantan. Jadi rasanya suatu kehormatan HUT Kota Singkawang tahun ini bisa dibersamai oleh rekan-rekan yang berasal dari kota-kota di pulau Kalimantan,” ungkapnya.

Ucap syukur juga dihaturkan Sumastro, mengingat di usia ini Kota Singkawang dirasa semakin cemerlang dengan telah meraih berbagai pencapaian, kemajuan dan transformasi di banyak sektor.

“Momen peringatan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke 23 ini hendaknya kita syukuri atas berbagai pencapaian, kemajuan dan transformasi yang telah kita raih,” ucap Sumasto seusai acara.

Adapun pencapaian tersebut diantaranya, tiga kali berturut-turut predikat Kota Tertoleran, Opini WTP sebanyak tujuh kali, penataan PKL, raihan status Universal Health Coverage (UHC), empat belas penghargaan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Kalbar, peningkatan pertumbuhan ekonomi, IPM dan penurunan pengangguran terbuka dan angka kemiskinan serta Launching layanan Damri Singkawang-Kuching dan lain sebagainya.

“23 tahun ini merupakan refleksi dari perjuangan kita bersama. Yang patut kita syukuri juga adalah terwujudnya Bandar Udara Singkawang yang lebih dari 20 tahun kita perjuangkan,” katanya.

Semangat dan semarak hari jadi ini akan terus dikembangkan seiring dengan pembangunan infrastruktur, pariwisata, kehidupan sosial dan budaya kesenian yang inklusif.

“Harapannya perayaan ke-23 ini menjadi barometer yang akan kita evaluasi dan terus bergerak dalam berbagai hal yang positif lainnya. Mudah-mudahan tahun depan bisa diwarnai lebih semarak dengan waktu dan durasi yang lebih terukur,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Gubernur Kalimantan Barat Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Natalia Karyawati mengatakan perayaan HUT ke 23 Kota Singkawang harus menjadi momen evaluasi dan introspeksi diri untuk melakukan gebrakan yang lebih baik bagi kemajuan Kota Singkawang.

“Tema Singkawang Cemerlang , harapannya bukan sekedar tema atau slogan saja. Tetapi menjadi spirit agar Kota Singkawang semakin maju terutama dalam melayani dan menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Sebagai kota yang berpredikat Tertoleran dan memiliki ragam budaya, Kota Singkawang diharapkan mampu mengembangkan pariwisata berbasis budaya yang ramah dan nyaman. Strategi ini mendukung program pariwisata yang berkelanjutan dengan tetap menjaga harmoni sosial dan budaya masyarakat.

“Sekali lagi, selamat hari jadi Kota Singkawang ke 23, saya berpesan kepada seluruh penyelenggara pemerintahan untuk bekerja lebih keras lagi, yang dimotori oleh semangat tinggi dan cara kerja yang cerdas, efektif, efisien dan inovatif,” pungkasnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo