Singkawang, MC – Kota Singkawang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah  V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan.

Berkaitan dengan tema Raker Apeksi ‘Pesta Demokrasi Sebagai Momentum Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menegaskan, kesuksesan pemilu legislatif dan presiden kemarin haruslah dilanjutkan pada pemilu kepala daerah nantinya. Harapan ini tentu sejalan dengan tema Raker Apeksi ini.

“Alhamdulillah kita telah sukses menyelenggarakan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2024, tentunya kita juga berharap pemilu kada yang sebentar lagi akan diselenggarakan juga sukses sesuai dengan harapan kita bersama, sehingga akan melahirkan pemimpin-pemimpin baru, ide dan gagasan baru yang akan membawa kemajuan bagi bangsa dan negara kita Indonesia,” Kata Sumastro di Ballroom Hotel Mahkota Singkawang, Kamis (17/10/2024).

Dikaitkan dengan Kota Singkawang, keamanan pelaksanaan pemilu tentu saja beririsan dan semakin memperkuat gambaran kehidupan bertoleransi. Menurut Sumastro, empat kali menyandang predikat Kota ter-Toleran bukti nyata praktik baik toleransi di Kota Singkawang.

“Kehidupan toleransi yang ada di Kota Singkawang sejatinya bukan suatu yang direkayasa, Bapak/Ibu bisa lihat dengan jelas gambaran keharmonisan tiga etnis besar di sini. Kita poles di setiap perayaannya, selalu kami tampilkan di setiap tarian dan semakin diperkuat lagi dengan hadirnya tiga gerbang batas kota yang indah,” jelasnya.

Oleh karenanya, Sumastro berharap Singkawang jadi role model bagi wilayah lain dalam menjaga kedamaian, kehidupan sosial yang inklusif serta mendorong nilai-nilai kebersamaan dan kesetaraan.

Terakhir, Sumastro turut mengucapkan terima kasih atas kehadiran para perwakilan pemimpin daerah kota se-Kalimantan pada Raker Apeksi kali ini. Semoga dapat selalu menunjukkan komitmen untuk menjalankan program-program yang telah disepakati bersama.

“Atas nama pemerintah Kota Singkawang saya mengucapkan terimakasih, mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Mari kita manfaatkan pertemuan ini untuk saling berbagi pengalaman dan mencari solusi bersama untuk isu-isu strategis terutama suksesnya agenda Pilkada mendatang,” tutupnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo