Singkawang, MC – Berbagai pertunjukan seni tradisional dari ketiga etnis utama di Singkawang tampil dengan meriah dalam pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kota Singkawang tahun 2024 di Stadion Kridasana, Rabu (16/10/2024).

Kemeriahan ini mencerminkan bahwa kekayaan budaya di Kota Singkawang tumbuh dengan harmoni dan penuh nilai-nilai persaudaraan.

“Apresiasi tinggi kepada Disdikbud Kota Singkawang, yang telah menata gelaran PKD ini terasa lebih meriah dan dikemas dengan semakin baik dari tahun lalu. Hal ini mungkin berkat sinergi dan kolaborasi semua pihak untuk menyemarakkan pemajuan seni budaya yang inklusif dan terhindar dari perilaku intoleran,” ucap Pj Wali Kota Singkawang Sumastro dalam pembukaannya.

Sumastro menyampaikan, PKD ini menjadi upaya untuk menampilkan potensi sumber daya yang bertumpu pada seni budaya sehingga dapat dikembangkan dan dilestarikan terus sepanjang masa.

Suguhan PKD juga menjadi wadah yang tepat bagi para generasi muda dalam mengenal berbagai keragaman budaya. Dengan keterlibatan ini, para pelajar sebagai aktor penggerak seni budaya dapat menjadi pribadi yang mencintai keluhuran.

“Inilah esensi yang tentu diharapkan dari keterlibatan sentuhan unsur pendidikan terhadap budaya. Menjadi salah satu program strategis untuk pengembangan SDM Indonesia unggul dalam menyongsong Indonesia emas 2045,” jelasnya.

Melalui PKD ini, Singkawang semakin mempertegas posisinya sebagai kota dengan warisan budaya yang kaya dan terus berkomitmen melestarikan keberagaman melalui berbagai kegiatan budaya yang inklusif. Sambung Sumastro.

“Saya yakin dan percaya, dengan mendorong upaya-upaya menampilkan potensi sumber daya yang bertumpu pada seni budaya ini akan memperkuat Kota Singkawang sebagai kota pariwisata dan jasa sehingga menjadi lebih menarik untuk dikunjungi,” ujarnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo