Singkawang, MC – Pondok Tahfidz Millenial Ashqaf dan Maryam College akan menggelar Pameran Artefak Rasulullah yang dipusatkan di Rumah Melayu Singkawang pada tanggal 18-24 Oktober 2024.

Pameran Artefak Roadshow merupakan event pameran artefak Rasulullah SAW dan Sahabat yang akan dikemas secara unik dan modern.

Pondok Tahfidz Millenial Ashqaf dan Maryam College menggandeng Museum Artefak Indonesia, serta iFive Productionz sebagai penyelenggara yang berkomitmen dalam upaya dakwah melalui koleksi, pelestarian, konservasi, dan menampilkan artefak Islam untuk mengikuti, mengajar, mendidik, dan menyuntikkan semangat identitas dalam kemanusiaan universal pada umumnya dan khususnya komunitas Muslim.

Diharapkan dengan adanya pameran ini dapat memberi kesan mendalam dan menjadi buah bibir sehingga Pameran ini menjadi ramai dan mengangkat nilai nilai artefak ini sendiri dimata masyarakat luas serta mengembalikan semangat Islam dan cinta Nabi SAW dan teman-temannya yang telah berjuang menegakkan agama Islam.

“Dengan pameran ini Insya Allah mampu menjadi salah salah satu cara mengisi rindu kepada Nabi Muhammad SAW melalui peninggalan- peninggalan yang mungkin tak banyak orang yang mendapat kesempata mampu mencari peninggalan-peninggalan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, karna keberadaannya yang mungkin tempatnya jauh didaerah Timur Tengah, Makkah, Madinah, Turki dan lokasi lainya sehingga pasti dibutuhkan waktu dan biaya yang sangat besar,” ungkap pengasuh pondok ashqaf dan Maryam college KH. Luthfan Khibar A’lam, Rabu (16/10/2024).

Adapun tujuan pameran tersebut adalah untuk syiar dan menyambungkan kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW. Pada pameran tersebut masyarakat dapat menyaksikan secara langsung dari dekat, 35 macam peninggalan Rasulullah SAW dan para sahabat.

Semoga melalui kegiatan ini dengan menyaksikan secara langsung peninggalan peninggalan Rasulullah SAW muncul rasa lebih cinta kepada Nabi dan lebih semangat menjalankan Sunnah-sunnah Nabi dan InsyaAllah jalan keselamatan dunia dan akhirat.

Pameran ini juga nantinya akan dilakukan secara khususnya di Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kota Pontianak dan sekitarnya.

Dengan pameran ini tentunya dapat memperkenalkan budaya islam kepada seluruh masyarakat tentang masa masa keemasan islam di dalam sejarah. Mengenal Lebih Dekat Barang Barang Yang pernah Menjadi bagian dari hidup Baginda Nabi Besar Muhammad Rasulullah SAW, membantu meningkatkan ekonomi Indonesia di industri terkait, khususnya sektor Pariwisata, mengangkat citra Islam dari pemerintah Indonesia dan mempromosikan budaya Islam Indonesia ke Pengunjung domestik dan asing.

“Pamaren ini juga dapat mengembangkan program Islam sebagai pengembangan ajaran Islam di bangku pendidikan dari mulai TK – Universitas. Menjadi referensi ilmiah dalam pendidikan Nabi dan teman temannya,” ujarnya. (MC)

Bid. IKP/Kominfo