Singkawang, MC – Sebanyak 1.728 paket sembako yang terdiri dari Beras Premium 5 Kg, Minyak Goreng Premium 2 liter dan Gula Pasir 2 Kg dengan harga Rp.102.000,-/paket disediakan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdaginkop & UKM) Kota Singkawang dalam Operasi Pasar Tahap VI di Pasar Semi Modern (Jembatan Pelangi), Senin (14/10/2024).

Selain dalam rangka pengendalian inflasi daerah, kegiatan yang ditinjau langsung Pj. Walikota Singkawang, Sumastro tersebut juga dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan hari jadi pembentukan Kota Singkawang ke-23 tahun 2024.

“Saya sangat senang bisa hadir di tengah masyarakat dalam operasi pasar yang dilaksanakan sebagai wujud perhatian pemerintah. Saya harap ibu-ibu bisa memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Pj. Walikota, Sumastro.

Sumastro mengatakan, keberadaan paket sembako tersebut sangat berarti bagi seluruh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari serta penghematan.

“Kita siapkan paket subsidi ini, memang tidak banyak namun saya yakin ini sangat berarti bagi warga Singkawang terkait pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari,” ungkap Sumastro.

“Saya faham ibu-ibu dan bapak-bapak sedang berhemat segala pengeluaran belanja dll, sehingga operasi pasar ini jadi kegiatan yang di tunggu-tunggu mengingat besar manfaatnya dalam penghematan tersebut,” lanjutnya.

Menanggapi keinginan warga yang ingin adanya penambahan subsidi di setiap paket sembako, Sumastro mengatakan pihaknya belum bisa memberikan subsidi lebih dari nilai yang ada.

Pj. Walikota beralasan, setiap hal yang berkaitan dengan kebijakan dan layanan masyarakat harus dikaji terlebih dahulu serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Memang kita belum bisa menambah subsidi di setiap paket sembako di operasi pasar ini, karena hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan dari program pembangunan dan layanan masyarakat itu harus betul-betul dikaji dan bisa dipertanggungjawabkan,” terang Pj. Walikota.

Sumastro juga menyatakan, pihaknya selalu siap menerima saran warga demi penuntasan masalah kebutuhan pokok serta inflasi di Kota Singkawang.

“Setiap saran dari warga terkait permasalahan kebutuhan pokok, operasi pasar dan pengendalian inflasi kami Pemkot Singkawang selalu siap menerima masukan warga demi kebaikan kita bersama,” tutup Sumastro.

Sementara, Kepala Disdaginkop dan UKM, Antin Suprihatin mengatakan selama berlangsungnya Operasi Pasar paket sembako memang berfokus pada beras, minyak goreng dan gula pasir.

Antin beralasan, selain merupakan komoditi kebutuhan primer, ketiga komoditi tersebut juga bersifat tahan lama dan tidak gampang rusak.

“Memang selama operasi pasar, kita hanya menyediakan beras, gula pasir dan minyak goreng, karena itu adalah bagian kebutuhan primer kita dan juga dapat disimpan dalam waktu yang lama serta tidak gampang rusak,” kata Antin.

Bidang IKP/Kominfo Singkawang