Singkawang, MC – Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kota Singkawang kini telah diresmikan pada Kamis (19/92024).

Gedung yang berlokasi di Jalan Firdaus H. Rais (Depan kantor Wali Kota Singkawang) ini diresmikan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kalbar, Pj Wali Kota dan Kepala Dispussip Kota Singkawang.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, proses panjang telah dilalui Pemerintah Kota Singkawang dalam memperjuangkan pembangunan gedung layanan ini.

Pemilihan lokasi bangunan pun turut memperhatikan lingkungan strategis berdampingan dengan taman kota sebagai tempat yang ramai dikunjungi.

“Kita patut bersyukur dari tahun 2023 proposal yang diajukan, kemudian setelah melalui tahapan hingga verifikasi dan perhatian Perpusnas akhirnya Kota Singkawang memperoleh bangunan yang megah ini,” tutur Sumastro.

Tentang bagaimana meningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), menurut Sumastro, diperlukan suatu strategi yang terstruktur dengan memperhatikan kondisi yang serba digital. Ia pun meminta, pelayanan yang dihadirkan dapat mengadaptasi berbagai perkembangan di era sekarang.

“Mungkin bisa diadakan program Bulan Membaca dan Bulan Bedah Buku, dengan mengundang penulis atau mengajak pegiat literasi yang semuanya dipusatkan di gedung ini. Sehingga trafik kunjungan di gedung ini menjadi meningkat,” sambungnya.

Untuk itu, sumastro pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berkunjung ke Gedung Perpustakaan ini guna menikmati berbagai fasilitas dan layanan yang telah disediakan. Harapannya, Kota Singkawang yang menjadi barometer kehidupan inklusif dan toleransi dapat beriringan dengan upaya transformasi perpustakaan yang berbasis inklusi sosial.

“Mari datanglah ke gedung perpustakaan ini, menikmati berbagai referensi dan literatur yang disediakan untuk meningkatkan literasi masyarakat. Dan saya berharap, perpustakaan Singkawang dapat kreatif untuk membangun networking dengan stakeholder terkait sehingga lebih ramai dikunjungi,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dispussip Kota Singkawang Abdul Hadi menyampaikan, sejak Januari lalu gedung perpustakaan ini pelaksanaan pelayanannya telah berjalan. Sehingga peresmian ini tujuannya untuk semakin memperkenalkan kepada seluruh masyarakat bahwa Gedung Layanan Perpustakaan Singkawang telah dibuka secara resmi.

“Momentum yang berbahagia ini sekaligus memperkenalkan bahwa kita sudah memiliki sebuah gedung layanan perpustakaan representatif, karena mungkin banyak yang belum pernah berkunjung sejak berdirinya gedung ini,” ucapnya.

Abdul Hadi mengatakan, gedung layanan ini memiliki tiga lantai yang terdiri dari fasilitas baca di lantai satu dan dua serta fasilitas working space dan kantin di lantai ketiga.

Dengan adanya gedung layanan ini, pihaknya akan terus berupaya dalam meningkatkan IPLM dan Indeks Kegemaran Membaca masyarakat. Untuk itu ia berharap adanya kerja sama dari seluruh pihak sehingga gedung ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Mohon dukungan semuanya, kita bergerak bersama menumbuhkan literasi masyarakat. Sehingga ini menjadi suatu kebanggaan dan menjadi wadah untuk melahirkan generasi yang cinta akan ilmu,” pungkasnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo