Singkawang, MC – Kelurahan Nyarumkop mewakili Kota Singkawang mengikuti Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarakan pada tahun 2024 oleh Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat.

Termasuk dalam 5 Finalis terbaik bersama 3 Desa dan 1 Kelurahan lainnya, Kelurahan Nyarumkop Kota Singkawang berhasil meraih Juara II setelah melewati penilaian akhir paparan Lurah yang dilaksanakan di Balai petitih Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (20/6/2024).

“Alhamdulillah kelurahan nyarumkop telah memberikan yang terbaik untuk Kota Singkawang, dengan mendapatkan juara II lomba kelurahan tingkat provinsi Kalimantan Barat,” Kata Lurah Nyarumkop Mahmudi.

Mahmudi menyebut, hasil ini tak terlepas dari dukungan dan kerja keras dari segenap pihak serta seluruh masyarakat di Kelurahan Nyarumkop. Menurutnya, keunggulan potensi daerah yang dimiliki dan Inovasi menarik yang dihadirkan dalam lomba menghantarkan Kelurahan Nyarumkop hingga dapat menyabet juara II.

“Kita unggul dalam Inovasi Kelurahan dengan 6 (enam) inovasi dan 15 Potensi wisata, dengan salah satu inovasi yang kita hadirkan adalah Bengkel Parkop (Pengembangan Kelurahan Pariwisata Nyarumkop), kita juga telah mencanangkan inovasi Agro Edu Wisata untuk pariwisata pertanian bersama dengan Dinas terkait,”ujar Mahmudi.

Mahmudi menjelaskan, terdapat 3 (tiga) aspek penting yang perlu diperkuat untuk kemajuan Kelurahan antara lain, Aspek Kepemerintahan, Aspek Kewilayahan dan Aspek Pembinaan ke Masyarakat.

“Kepemerintahan meliputi administrasi, sarana prasarana, kinerja dan akuntabilitas. Aspek Kewilayahan meliputi potensi wilayah, pemetaan peta wilayah dan bencana serta inovasi dan penerapan yang dilakukan. Sedangkan untuk Aspek Pembinaan kita juga selalu melibatkan masyarakat (Pokdarwis) dalam menjaga dan mengembangkan tempat ibadah sampai pariwisata, melalui kelompok tani juga dalam mengelola agrowisata yang sedang kita canangkan,” jelasnya.

Mahmudi menambahkan, banyak manfaat yang dirasakan dari lomba ini, terutama menjadi lebih semangat dalam upaya pengembangan Kelurahan di masa depan. Sehingga harapannya, ada dukungan dan pembinaan dari Pemerintah Kota secara berkelanjutan.

“Ada tidaknya lomba ini, inovasi dan program harus tetap bergulir. Untuk Pemkot Singkawang berharap adanya pembinaan secara berkala bukan hanya untuk lomba saja. Karena memang tujuannya juga berdampak menguatkan sektor pariwisata Kota Singkawang,” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik