Singkawang, MC – Badan Pangan Nasional berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan sosialisasi dan edukasi konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Goes To School di SD Negeri 27 Singkawang, Selasa (11/6/2024).

Dikemas dengan rangkaian acara yang menarik seperti media dongeng dan edugames, sehingga pesan yang disampaikan terutama mengenai pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang dan aman dapat dicerna dengan mudah oleh anak-anak.

Disampaikan Sri Rebecca selaku Analis Ketahanan Pangan Badan Pangan Nasional bahwa kegiatan ini dalam rangka menjalankan fungsi Badan Pangan Nasional untuk melakukan promosi pola konsumsi pangan B2SA sejak dini dengan menyasar ke sekolah-sekolah.

“Kita melakukan promosi pola konsumsi pangan melalui sosialisasi dan edukasi B2SA sejak dini, jadi kita masuk ke sekolah-sekolah,” tuturnya.

Sri Rebecca menambahkan, pada tahun 2024 program ini telah dilaksanakan di 38 provinsi. Dimana masing-masing provinsi mendapat alokasi di 10 sekolah.

Oleh karena itu, Ia mengajak seluruh mitra Pemerintah untuk berkolaborasi bersama dalam menggencarkan sosialisasi dan edukasi B2SA Goes To School ini.

“Kami tentu mengajak seluruh mitra untuk berkolaborasi bersama agar anak-anak dapat memahami apa itu makanan B2SA. Guna terciptanya generasi emas 2045 yang produktif sehat dan aktif,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Konsumsi Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar Herdawati menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengonsumsi pangan B2SA kepada siswa sekolah dasar.

“Sekarang itu banyak anak-anak yang lebih suka junk food dan susah makan mayur, maka dari itu melalui ini kita memberikan edukasi kepada anak supaya mereka mau mengonsumsi menu makanan B2SA,” jelasnya.

Herdawati berharap, kegiatan serupa dapat diadopsi dan direplikasikan oleh seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat sehingga edukasi ini dapat tersampaikan secara merata.

“Tadi dari Walikota sendiri sangat mendukung kegiatan ini, harapannya replikasi dari anggaran daerah untuk menggencarkan agenda serupa bisa dilanjutkan,” ujarnya. (*Do)

Bid. IKP/Kominfo