Penekanan tombol menandai peluncuruan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang Tahun 2024. Foto : Eko. SR

Singkawang, MC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang menggelar peluncuran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Singkawang Tahun 2024 yang dirangkaikan dengan Peluncuran Maskot dan Jingle di Stadion Kridasana, Sabtu (1/6/2024) malam.

Ketua KPU Singkawang, Khairul Abror menyebut acara ini sebagai sejarah dan saksi atas pelaksanaan Pilkada serentak terbesar di dunia dan jadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Malam ini adalah malam bersejarah bahwa kita jadi saksi pelaksanaan Pilkada serentak terbesar di dunia, sehingga kita harus bangga sebagai rakyat Indonesia,” ucap Abror.

Ia juga menyampaikan data partisipasi warga Singkawang di beberapa Pilkada sebelumnya yang terus mengalami penurunan.

“Tingkat partisipasi warga Singkawang pada Pilkada 2007 sebesar 68 persen, namun pada 2012 persentasenya menurun menjadi 63 persen, dan di Pilkada terakhir tahun 2017 partisipasinya menurun lagi menjadi 58 persen,” terangnya.

Belajar dari pengalaman tersebut, pihak KPU saat ini memilih strategi sosialisasi melalui launching maskot dan jingle yang terbukti berhasil mendatangkan ribuan warga demi meningkatkan jumlah partisipasi pemilih di Pilkada 2024.

“Belajar dari sejarah sebelumnya, di periode ini kami melakukan strategi sosialisasi peluncuran maskot dan jingle yang dihadiri ribuan warga, dengan harapan hadirnya banyak warga disini menjadi tanda meningkatnya partisipasi dalam Pilkada kali ini,” harapnya.

Sementara, Pj. Wali Kota Sumastro menilai tingginya antusias warga yang hadir sebagai tanda akan terciptanya Pilkada yang damai di Kota Singkawang.

“Mulai malam ini, kita tandai rivalitas Pilkada dengan penuh suka cita yang akan berlanjut dengan pelaksanaan Pilkada yang penuh kebahagiaan,” ungkapnya.

Sumastro mengatakan Pilkada 2024 di Singkawang akan berjalan sukses, karena ia berkeyakinan masyarakatnya sudah dewasa dan matang dalam berdemokrasi.

“Saya yakin kita semua sudah dewasa dan memiliki kematangan dalam mengikuti rangkaian acara pesta demokrasi sehingga pelanggaran dan penyimpangan dari aturan pemilu bisa kita minimalisir dan Pilkada kita akan menuai sukses seperti Pemilu Presiden dan pemilihan legislatif kemarin,” kata Sumastro.

Lanjut, Sumastro mengajak masyarakat mengunakan hak pilihnya dengan baik, agar trend penurunan partisipasi pemilih di pilkada sebelumnya tidak terjadi di Pemilukada 2024.

“Saya yakin warga Singkawang punya komitmen yang sama untuk menyukseskan Pemilukada khususnya Pilwako, apalagi data trend penurunan partisipasi pemilih di Pilkada sebelumnya, membuat kita tertantang untuk menaikkan tingkat partisipasi warga Singkawang, jadi gunakan hak pilih saudara sebaik-baiknya, karena suara anda ini akan sangat menentukan nasib Singkawang kedepannya,” imbau Sumastro.

“Dan mari kita bangun politik yang cerdas, politik yang mengedepankan visi dan program serta politik yang berintegritas dan berorientasi pada pelayanan publik untuk kemajuan Singkawang,” tutupnya.

Bid. IKP/Kominfo