Bagikan

Singkawang, MC – Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini menjanjikan efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, jangkauan yang global dan transparansi. Untuk mewujudkan pemerintahan yang Good Governance salah satu upayanya adalah menggunakan TIK atau yang populer disebut e-Government.

Menindaklanjuti itu, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang saat ini tengah menyusun Masterplan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) pada tahun 2019.

Kepala Bidang E-Government dan Telematika Dinas Kominfo Singkawang, Evan Ernanda mengatakan pada Tahun ini akan dilaksanakan survey kebutuhan dan kesiapan infrastruktur TIK serta sumber daya manusia di Pemerintahan Kota Singkawang.

“Hasil dari masterplan TIK akan menjadi pedoman penggunaan Teknologi dan Informasi (TI) sebagai alat dan pemanfaatannya dan terpadu dalam 8 tahun kedepan,” kata Evan, Rabu (17/7/2019).

Dikatakan Evan, penyusunan masterplan TIK dimaksudkan untuk mewujudkan pembangunan TIK terencana dan terarah yang menyeluruh di Kota Singkawang meliputi, pembangunan jaringan yang menghubungkan seluruh OPD di Pemerintah Kota Singkawang.

“Termasuk pengembangan e-Government baik dengan mengintegrasikan software yang sudah ada di dalam database maupun dengan mengembangkan perangkat lunak sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan Pemkot Singkawang,” ujarnya.

Evan menuturkan target dan sasaran masterplan TIK adalah tersusunnya review terhadap berbagai rencana dan kebijakan terkait TIK ataupun e-Government yang telah ada dan mengidentifikasi kondisi eksiting terkait pengembangan TIK di Pemkot Singkawang.

“Juga adanya rumusan rencana pengembangan TIK, meliputi kerangka pemikiran dasar, cetak biru pengembangan, tahapan pengembangan dan rencana implementasi,” jelasnya.

Ia mengharapkan dokumen masterplan TIK dapat membantu setiap OPD di lingkungan Pemkot Singkawang dalam mengembangkan dan mengimplementasikan e-Government yang terarah dan terintegrasi dan juga sebagai bagian dari kebijakan dan strategi pemerintah guna mewujudkan kepemrintahan yang baik (Good Governance).

“Dokumen ini perlu ditinjau ulang secara berkala untuk memastikan perencanaan ini dilaksanakan dengan baik dan disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi wilayah Kota Singkawang serta perkembangan teknologi dimasa yang akan datang,” katanya.

MC. Kota Singkawang