Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menegaskan kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang untuk dapat mewujudkan visi misi Singkawang Hebat, dengan melaksanakan 175 program prioritas Pemkot Singkawang.

“Pada APBD tahun 2019, terdapat 175 program prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan dalam periode satu tahun ini dalam bentuk belanja langsung yang didistribusikan ke Perangkat Daerah,” kata Tjhai Chui Mie, Jumat (21/6/2019).

Ia berharap, anggaran yang dialokasikan tersebut dapat benar-benar menghasilkan dampak kinerja dari pelaksanaan program sesuai target.

“Indikator kinerja yang direncanakan bukan hanya sekedar mengedepankan penyerapan anggaran,” ujarnya.

Berdasarkan RPJMD yang telah ditetapkan tahun 2019, katanya, adalah merupakan tahap penataan yang berfokus pada memfasilitasi dan melakukan pembinaan aktivitas organisasi kemasyarakatan, sosial, politik dan keagamaan serta mendorong masyarakat dalam mengembangkan nilai dan keanekaragaman budaya, membangun dan memelihara infrastruktur yang berkesinambungan dalam meningkatkan daya dukungnya terhadap aktivitas perekonomian dan aksesibilitas masyarakat.

Kemudian, menata dan mengembangkan manajemen teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam meningkatkan pelayanan publik melalui elektronik goverment (e-Gov) serta penguatan kelembagaan birokrasi dan lainnya melalui evaluasi kelembagaan yang berfokus pada peningkatan kinerja aparatur yang lebih profesional dan berdaya guna.

“Untuk mencapai target kinerja, OPD harus memiliki komitmen yang tinggi, fokus, dan konsisten dalam mengimplementasikan program kegiatan yang menjadi tanggung jawab di masing-masing perangkat daerah, sehingga semua bermuara pada terwujudnya visi kita yaitu Singkawang hebat,” jelasnya.

Untuk mengendalikan dan memotivasi, dirinya juga akan memonitor dan memantau langsung kinerja kepala OPD melalui pengukuran, pelaporan dan evaluasi kinerja secara berkala dan pada akhirnya akan memberikan penilaian secara objektif terhadap keberhasilan kinerja Kepala Perangkat Daerah, ujarnya.

“Kami akan lakukan pemantauan dan memantau OPD dengan pengukuran evaluasi dan kinerja secara berkala,” tuturnya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro sebelumnya mengatakan, pergeseran atau penataan ulang pejabat yang sudah dilakukan wali kota, tentu harus menjadi tantangan tugas bagi personel untuk dapat meningkatkan kinerja serta inovasi ditiap unit kerja masing-masing.

“Sehingga dengan penataan personel itu diharapkan bisa berjalan secara efektif dan efisien dan masing-masing OPD bisa memberikan yang terbaik dalam rangka mendukung visi misi Singkawang Hebat,” katanya.

MC. Kota Singkawang