Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Singkawang tahun 2019, di kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (15/8/2019) malam.

Kilas balik sejarah dibentuknya pasukan pengibar bendera merah putih menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan upaya untuk menumbuhkan rasa persatuan bangsa.

Hal itu, diwujudkan dengan semangat dalam mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan kemerdekaan RI tanggal  17 agustus setiap tahun.

“Keterlibatan pelajar dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia melalui pengibaran bendera merah putih pada hari kemerdekaan republik indonesia juga memiliki peranan strategis dalam proses transfer aspek-aspek historis dan nasionalisme bagi generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa di negeri ini,” kata Tjhai Chui Mie.

Para pelajar yang menjadi Paskibraka adalah putra putri terbaik kota Singkawang yang telah dipilih dan dilatih untuk melaksanakan pengibaran bendera pada upacara peringatan detik-detik proklamasi, dan penurunan bendera hari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia ke-74 di Kota Singkawang.

“Dengan kepercayaan dan kehormatan yang telah diberikan, saya berharap tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” harapanya

Ia pun mengingatkan para Paskibraka adalah satu hal yang perlu disadari, bahwa tidak semua remaja di kota Ssingkawang mendapat kesempatan yang sama untuk mengemban misi yang mulia tersebut.

Karena itu,  momen penting dan bersejarah tanggal 17 agustus 2019 sebagai tonggak penting dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri menjadi putera-puteri terbaik bangsa.

Ikrar diucapkan para Paskibraka merupakan janji yang harus ditepati dan laksanakan. Sehingga acara pengukuhan yang tidak hanya sebatas aktifitas rutinitas setiap tahun menjelang pengibaran bendera merah putih peringatan kemerdekaan RI.

“Disinilah makna yang lebih strategis yang harus diperoleh dalam mewujudkan generasi penerus yang benar-benar dapat diandalkan baik dari semangat juang, displin, integritas, dan bertanggung jawab baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain bangsa dan negaranya,” katanya

Perlu kiranya, diketahui bersama bahwa putra-putri yang kita harapkan untuk tampil melanjutkan kepemimpinan di masa depan adalah mereka-mereka yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, cerdas dan berpengetahuan, sehat jasmani dan rohani.

Serta, memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negaranya dan rukun satu sama lain, memiliki rasa kasih sayang dengan sesama saudaranya tanpa membedakan identitas dan asal-usul, baik dari segi agama, suku, etnis, kedaerahan dan lain-lain.

“Melalui pelatihan dan pembekalan yang telah dilakukan, setidaknya karakter-karakter sebagaimana telah saya sebutkan di atas tumbuh dan berkembang ke setiap jiwa anggota paskibraka kota Singkawang,” ujarnya.

Wali Kota Singkawang mengingatkan kembali, kalian para generasi muda terhadap perjuangan para pahlawan pendahulu kita yang telah mengorbankan harta dan jiwanya untuk kemerdekaan negara ini dari cengkraman penjajah.

Oleh karena itu jangan sekali-kali melupakan perjuangan para pahlawan kita. Semoga perjuangan mereka menjadi penyemangat kita semua dalam meneruskan pembangunan yang berkelanjutan.

Dan khusus untuk menghadapi tugas penting pada tanggal 17 agustus 2019, ia meminta Paskibraka mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan jaga kesehatan, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Kepada para pelatih saya ucapkan terima kasih atas partisipasi yang telah saudara berikan dalam membentuk sikap, mental dan keterampilan anggota paskibraka kota singkawang yang akan bertugas mengibarkan bendera pada upacara hut ke-74 kemerdekaan ri tahun 2019 kota singkawang,” ucapnya. 

MC. Kota Singkawang