Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo, Wakapolres Singkawang, Kompol Haryanto, Kepala BPBD Kota Singkawang M Syafruddin, serta Lurah Pasiran, Iskandar meninjau lokasi kebakaran di Jalan Kridasana Gang 70 Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat, Kamis (4/3/2021).

Kebakaran yang menghanguskan lima buah rumah terjadi pada Kamis (4/3/2021) pukul 03.00 Wib dini hari. Akibat kejadian tersebut seorang warga meninggal dunia.

Wali Kota mengatakan pihaknya turut berdukacita atas meninggalnya korban peristiwa kebakaran ini.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Singkawang segera melakukan evaluasi terhadap peristiwa kebakaran yang melanda Kota Singkawang dimana kebakaran kali ini merupakan ketiga kalinya di awal tahun 2021 dan telah merenggut dua nyawa.

“Kami akan mengevaluasi terkait peristiwa kebakaran, dan kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhati-hati,” kata Tjhai Chui Mie.

Tjhai Chui Mie mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan bantuan untuk para BPKS berupa alat bantu pernapasan untuk petugas pemadam kebakaran yang berhadapan dengan api.

“Kami juga berusaha untuk mendapatkan mobil pemadam dengan kelengkapan tangga untuk BPKS,” katanya.

Namun hal lain yang lebih penting adalah mengetahui penyebab kebakaran sehingga dapat mencegah kebakaran terjadi.

Ia menghimbau untuk masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap hal-hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran, baik itu listrik maupun kompor dan sumber api lainnya yang berpotensi.

“Jika ada kabel yang sudah tua, harus di cek kembali, jangan sampai hal seperti ini justru menjadi penyebab kebakaran dan pastinya membahayakan dan menyebabkan kerugian,” ujarnya.

Selain itu, Tjhai Chui Mie juga menyerahkan bantuan barupa perlengkapan sehari-hari seperti pakaian, serta kebutuhan pokok seperti beras dan mie instankepada para korban kebakaran.

“Korban kebakaran yang tidak punya tempat tinggal juga akan kami ungsikan ke kantor Dinas Sosial,” katanya.

Sedangkan untuk bagian bangunan yang rusak akibat kebakaran, Ia meminta Lurah Pasiran Iskandar dan Ketua RT setempat untuk mendata apa saja bagian yang rusak sehingga bisa dibantu oleh Pemkot Singkawang.

“Untuk sementara kami berikan bantuan seng (atap) dulu ya, supaya nanti diperbaiki dulu sehingga mereka bisa tetap tinggal ketika hujan,” terangnya.

Dia juga meminta para korban dan warga sekitar untuk berhati-hati terhadap bangunan rusak akibat terbakar karena berpotensi roboh.

“Kami akan meminta tukang untuk mengecek dulu, rumah itu layak atau tidak untuk kembali ditinggali, jangan sampai roboh dan menelan korban,” katanya.