Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang berkomitmen mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) seperti yang telah diinisiasi oleh Bank Indonesia. Hal ini disampaikannya seusai mengikuti kegiatan yang digelar oleh Bank Indonesia di Pendopo Gubernur Kalbar.

Sebelumnya, Bank Indonesia telah membentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di 14 kabupaten kota dan Provinsi Kalbar.

Kegiatan ini masuk dalam rangkaian acara Saprahan Khatulistiwa 2021, semarak Pariwisara, UMKM dan Keuangan Khatulistiwa yang digelar oleh Bank Indonesia di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin (7/6/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara virtual dan Gubernur H.Sutarmidji secara langsung di Pendopo Kalbar

Kepala Bank Indonesia Agus Chusaini mengatakan bahwa kegiatan Saprahan Khatulistiwa 2021, semarak Pariwisara, UMKM dan Keuangan Khatulistiwa adalah kolaborasi BI bersama  Pemda, Pelaku Usaha, Pelaku Industri Keuangan dan pihak terkait.

“‘Melalui kegiatan sebagai upaya kita terus mendorong UMKM dan Pariwisata agar bisa tumbuh lebih cepat ditengah pandemi Covid-19,”jelasnya.

Dikatakannya ditengah pandemi Covid-19 sektor yang paling berdampak adalah pariwisata dan UMKM.

“Inilah yang terus didorong untuk bangkit untuk bisa meningkatkan perekonomian,”ucapnya.

Disampaikannya bahwa Gubernur H. Sutarmidji juga sejalan mendorong dari sisi konsumsi pemerintah, tapi kalau untuk konsumsi swasta bentuknya urgent melihat situasi kalau tidak maka tidak melakukan investasi.

“Kita berupaya melalui giat ini mendorong UMKM dan pariwisata di Kalbar. Paling tidak sekarang kita siapkan dulu prasarana dan infrastruktur serta SDM nya.  Ketika situasi pulih pariwisata bisa mulai bergerak,”jelasnya.

Kepala BI juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga prokes agar perekonomian terus bergerak. Namun apabila prokes tidak dijalankan, maka akan berat.

“Jadi disini peran masyarakat  juga diperlukan untuk menjaga penyebaran covid-19 agar bisa dikendalikan,”ucapnya.

Government Public Relations