Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengimbau agar warga yang memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan untuk jujur saat dilakukan screening oleh petugas. Terutama kepada warga yang baru saja bepergian dari luar kota ataupun memiliki rekam jejak melakukan kontak dengan pasien covid-19, Pasien Dalam Pengawasan dan Orang Dalam Pemantaun.

Hal ini untuk memudahkan petugas medis dalam mengambil tindakan. Serta percepatan Tracing jika hasil pemeriksaan ditemukan hasil terpapar covid-19.

“Ingat tidak ada yang harus ditutupi, jujur lebih baik karena ini bukan sebuah hal yang mesti ditutup-tutupi. Kemudian jika jujur, maka petugas medis dapat menentukan langkah selanjutnya.” ungkap Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Minggu (19/4/2020).

Langkah prefentif menjadi yang utama untuk dilakukan, jika merasa telah melakukan kontak, warga dapat menghubungi gugus tugas penanganan covid-19 Singkawang di +6282138139749 dan 05626300721.

“Mengapa harus jujur, karena kita berkaca pada daerah lain, misalnya disalah satu kota di Pulau Jawa, saat puluhan tenaga medis terpapar karena salah satu pasien berbohong soal rekam jejak perjalanannya,” katanya. .

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak mengucilkan ataupun membully ODP, PDP maupun pasien terkonfirmasi Covid-19 , begitu pula dengan anggota keluarganya.

“Justru harus diberikan semangat dan dukungan, agar mereka dapat melalui masa-masa sulit ini dengan baik,” katanya

Tjhai Chui Mie juga mengimbau agar warga selalu patuh terhadap imbauan pemerintah, rutin menerapkan physical distancing, mengenakan masker dan tidak keluar rumah jika tidak ada urusan yang benar-benar perlu.

Wali Kota juga mendoakan agar petugas medis selalu semangat dalam melaksanakan tugasnya sebagai salah-satu garda terdepan.