Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie membuka Pekan Gawai Dayak Naik Dango Kota Singkawang tahun 2019 dengan memukul gong sebanyak 7 kali di Singkawang Grand Mall, Jalan Alianyang, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Senin (27/5/2019).

Kegiatan ini mengangkat tema Dengan Gawai Dayak Naik Dango Kota Singkawang, Kita Wujudkan Solidaritas dan Keberagaman untuk Memperkaya Seni Budaya Pemerintah Kota Singkawang Sebagai Kota Wisata dan Bertoleran.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan makna dari tradisi baik dango memiliki eksistensi yang sangat kuat untuk dilestarikan karena mengandung nilai-nilai budaya yang mendarah daging pada masyarakat terutama etnis Dayak.

“Untuk itu mari kita pelihara bersama agar budaya ini tetap eksis, meskipun kita dihadapkan pada era millenial,” katanya.

Dikatakan Tjhai Chui Mie, generasi pada era millenial ini diharapkan dapat melestarikan budaya Naik Dango, tidak tergerus dan ikut-ikutan pada budaya yang mengandalkan perkembangan teknologi digital, melainkan sebaliknya dapat diarahkan.

Generasi millenial ini berkolaborasi dengan zamannya, sehingga budaya Gawai Naik Dango bagi mereka menjadi sesuatu yang lebih hebat, tanpa menghilangkan makna dari Gawai Naik Dango itu sendiri.

Ia juga berharap momen Naik Dango dapat berkontribusi menjadi agenda nasional untuk mendukung program pariwisata atau wisata budaya di Kota Singkawang.

“Maka akan bertambahl ah suguhan daya tarik buat menunjang Kota Singkawang sebagai perwujudan kota destinasi wisata budaya yang menjadi sasaran bagi wisatawan-wisatawan yang haus akan kekayaan budaya yang masih terjaga turun temurun,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang, Stepanus mengatakan Pekan Gawai Dayak Naik Dango ini merupakan agenda masyarakat Dayak se-nusantara. Esensinya sebagai ucapan syukur kepada Jubata atas panen yang melimpah.

“Melalui ini kami juga melestarikan budaya Dayak,” katanya.

Ia mengatakan Pekan Gawai Dayak Naik Dango merupakan kearifan lokal sekaligus sebagai indikator Singkawang Hebat.

Stepanus berharap pekan gawai Dayak naik dango ini bisa menjadi destinasi wisata lokal Singkawang. Sehingga sudah sepantasnya bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung visi misi Singkawang Hebat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota, manajemen Singkawang Grand Mall dan masyarakat Kota Singkawang,” ucapnya.

MC. Kota Singkawang