Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie memberikan pembekalan dan menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan kepada 142 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di kantor Wali Kota Singkawang, Senin (4/1/2021).

“142 CPNS ini terdiri dari bidang kesehatan, pendidikan dan tenaga teknis lainnya,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan SDM yang handal untuk menunjang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat berkembang.

“Hal ini merupakan faktor penunjang untuk mencapai keunggulan kompetitif di berbagai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” katanya.

Tjhai Chui Mie berharap kepada CPNS agar langsung beradaptasi dengan cepat di tempat kerja yang baru dan menunjukkan kinerja yang bagus. Adaptasi ini dimaksudkan sebagai bekal untuk mengikuti latihan dasar CPNS yang merupakan salah satu syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS.

“Pelatihan dasar menjadi penting karena memadukan antara pelatihan klasikal dengan non klasikal dan kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang,” ujarnya.

Menurutnya, proses ini harus diikuti dengan baik dan tekun sebagai bagian dari pendidikan formal dalam berkarier di lingkungan birokrasi pemerintahan. “Sehingga nantinya saudara siap menjadi abdi masyarakat dan abdi negara yang profesional dalam melayani masyarakat,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan pengangkatan CPNS ini, Pemkot Singkawang sama sekali tidak memungut biaya apapun baik untuk pemberkasan maupun pengurusan NIP di BKN. Jika ada orang yang mengaku dapat menghubungkan dengan orang-orang dalam maka orang tersebut merupakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Orang tersebut dapat diindikasikan hanya ingin mencari keuntungan sendiri dengan memanfaatkan kesempatan,” katanya.

Dia berharap kepada seluruh CPNS agar mensyukuri dan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional baik dalam mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat.

“Saya ucapkan selamat bekerja dengan mengemban amanah sebagai CPNS demi mewujudkan Singkawang Hebat,” ujarnya.