Bagikan

Singkawang, MC– Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie beserta kelompok tani (Poktan) “tani baru” melakukan panen padi di Teluk Karang, Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis (11/6/2020).

“Kegiatan ini dalam rangka menumbuhkembangkan peran serta petani dalam mewujudkan dan mempertahankan ketahanan pangan di Kota Singkawang,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang memberikan bantuan berupa benih padi sebanyak 25 kg/Ha. 

“Dihrapkan para petani dapat meningkatkan hasil produksi tanaman pangan atau padi, dengan cara menanam padi secara serentak sehingga hasil panen lebih bagus dan maksimal. Produktivitas semula sebesar 4,8 ton/ha dapat ditingkatkan menjadi 6 ton/ha,” ujarnya.

Luas lahan yang dikelola oleh kelompok “tani baru” sebesar 16 Ha, yang mana lahan ini ditanami padi dan tanaman hortikultura seperti cabe, sayuran daun, tomat, kacang panjang. Varietas padi yang ditanam adalah Situ Bangendit (padi gogo) dan Inpari 42.

Tjhai Chui Mie meminta kerjasama para penyuluh pertanian secara intensif dapat melakukan pendampingan dan memberikan penyuluhan kepada para petani agar hasil produksi panen padi meningkat, atau turut serta pada kegiatan Field Day bersama Pemerintah Kota Singkawang.

“Kejar produksi minimal 6 ton, dan jadikan lokasi ini tempat agro wisata padi agar masyarakat kenal dengan budidaya tanaman padi,” ujarnya.