Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menjadi narasumber pada Rapat Kerja Sinkronisasi Program dan Rencana Kerja yang diselenggarakan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Pontianak di Singkawang, Rabu (20/1/2021) malam.

Pembangunan Kesehatan dan Pengembangan SDM Kesehatan di Kota Singkawang menjadi tema yang disampaikan Tjhai Chui Mie.

Wali Kota mendukung pembangunan komitmen dan penguatan internal civitas akademika agar tercetak tenaga kesehatan yang berkualitas dan berdaya saing.

Ia mengatakan bahwa tenaga kesehatan merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Tenaga kesehatan merupakan pilar yang menjaga kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Singkawang. Ia teringat ketika dinyatakan terpapar positif covid dulu beserta anggota keluarganya, tenaga kesehatan melaksanakan tugasnya dengan sigap.

“Saya teringat ketika saya dan keluarga tepapar covid. Saya sangat kagum dengan kesigapan tenaga kesehatan yang merawat kami sekeluarga hingga sembuh,” kata Tjhai Chui Mie.

Sebelum kasus virus corona masuk ke kota Singkawang, Tjhai Cui Mi beserta Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit terkait mengadakan rapat dadakan agar segera mengambil langkah antisipasi penyebaran virus ini. Ia meminta pihak-pihak terkait untuk membuat daftar kebutuhan tenaga kesehatan dalam melawan pandemi yang hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia.

“Segera saya ambil langkah antisipasi, apa yang harus dilakukan tenaga kesehatan. Maka dari itu, saya minta segera dibuatkan daftar kebutuhan tenaga kesehatan agar bisa berfungsi dengan baik. Mengenai anggaran itu urusan belakang dan akan disiapkan. Kesehatan masyarakat harus dinomorsatukan,” Jelasnya.

Ia meyakini upaya yang dilakukan tenaga kesehatan kota Singkawang akan dibalas oleh yang maha Kuasa. Maka dari itu, Ia meminta Poltekkes Kemenkes Pontianak agar selalu update, professional dan adaptif. Karena mahasiswa yang dihasilkan oleh Poltekkes Kemenkes Pontianak ini, nantinya akan menjadi penopang dalam menyehatkan masyarakat, khususnya kota Singkawang.

“Mengenai kebutuhan lainnya terkait kesehatan, agar kita bahas bersama Dinas Kesehatan kota Singkawang,” ujarnya. *MC/TD/Ek