Bagikan

Singkawang, MC – Wakil Walikota Singkawang, Irwan mengajak seluruh anggota Pramuka untuk menggelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu. 

“Perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu. Tetapi perjuangan untuk membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya saat menghadiri Upacara HUT Pramuka ke 58 di halaman SMA Negeri 1, Rabu (14/8/2019).

Irwan mengatakan kita semua harus menyadari, kemerdekaan yang diperoleh ini diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Sebagai generasi penerus, kata Irwan, segenap anggota Pramuka bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa di tanah air berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat.

“Kalau semua mampu diwujudkan, maka kegiatan yang positif ini dapat menjadi sarana pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan dan perdamaian serta menumbuhkan rasa kebangsaan,” ujarnya.

Menurutnya, sejak awal pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. Karena itu pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

“Jadi, sebagai anak muda, kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan,” harapnya.

Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat Hari Pramuka yang ke 58. “Semoga jiwa gerakan pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI,” katanya.

(MC. Kota Singkawang)