Bagikan

Singkawang, MC – Kota Singkawang terus berbenah. Sebagai kota tujuan wisata di Kalimantan Barat, Singkawang memperlihatkan keindahan spot wisata yang digandrungi masyarakat Kota Singkawang, bahkan masyarakat daerah sekitar.

Tak jarang jika keindahan spot wisata baru ini menjadi momen menarik yang diabadikan lewat ponsel hingga menjadi trending di media sosial.

Lorong Wisata Kenangan

Spot wisata baru tersebut bernama Lorong Wisata Kenangan atau Singkawang Back To The Past. Tujuan wisata yang baru ini berada di sebuah lorong atau gang yang menghubungkan Jalan Sejahtera dengan Jalan P. Diponegoro. Hal yang menarik ditampilkan di wisata spot foto ini adalah lukisan Singkawang masa dahulu yang bangunannya masih ada hingga sekarang.

Lukisan yang mendominasi di gang ini adalah wajah Singkawang tempo dulu. Ada Bioskop Metropole, Mess Daerah, Rumah Keluarga Tjhia, jajanan kuliner Singkawang dan lukisan bunga-bunga lainnya. Tempat ini cocok untuk bersantai bersama keluarga dan hangout bersama teman-teman. Di malam hari Singkawang Back To The Past semakin gemerlap dengan lampu-lampu aneka warna.

Taman Burung

Spot wisata lainnya yaitu Taman Burung. Lokasi taman burung berada di Jalan Merdeka tepat di bantaran sungai singkawang. Yang menjadi menarik, taman burung kini dipercantik dengan lampu hias warna-warni. Di tempat ini kita dapat melihat sebuah jembatan kecil yang terbentang diatas sungai. Jembatan ini menjadi spot foto menarik, sekeliling jembatan kecil dihiasi dengan lampu. Disini juga ada semacam lorong berhiaskan lampu yang berada tepat di tengah taman burung.

Langkah Pemerintah Kota Singkawang untuk menata kembali taman burung guna mewujudkan visi misi Singkawang Hebat dan Singkawang sebagaiu destinasi wisata Kalimantan Barat. Sebagai salah satu taman andalan tentu saja, penataan taman burung secara keseluruhan melibatkan OPD terkait untuk saling berkolaborasi.

OPD yang terlibat mulai dari Dinas PUPR, Dinas Perkimta, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM dan Dinas Kominfo. Penataan taman akan dikoordinasikan Dinas Perkimta dan PUPR, kemudian penataan PKL oleh Dinas Perdagangan, pengamanan oleh Satpol PP, penataan parkir dan PJU oleh Dishub, Kebersihan lingkungan oleh Dinas Lingkungan Hidup serta wifi public dan CCTV oleh Dinas Kominfo.

Disekitar taman burung dan mess daerah terdapat bangunan yang tidak layak. Wali Kota Singkawang telah meminta bagian asset untuk mendata tanah, lahan dan bangunan yang tidak layak, dimana nantinya bangunan yang tak layak tersebut akan dirobohkan, dibangung kembali dan ditata ulang.

Begitu juga dengan adanya gedung Pusat Informasi Pariwisat (PIP). Gedung ini akan digunakan sebagai gedung Creative Hub guna meningkatkan ekonomi kreatif di Kota Singkawang.

Singkawang Creativ Hub nantinya menjadi surga bagi para insan kreatif di Kota Singkawang. Gedung ini diharapkan menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas, edukasi, dan laboratorium untuk berbagai sektor industri kreatif. Bangunan ini menyediakan sarana dan fasilitas lengkap agar anak-anak muda Singkawang semakin semangat untuk berkreasi.

“Nanti gedung PIP akan kita gunakan untuk gedung Singkawang Creative Hub, seperti adanya home production kreatif guna meningkatkan ekonomi kreatif di kota Singkawang,” kata wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Pemerintah Kota Singkawang berkomitmen untuk menambah dan memperbaiki fasilitas taman publik sebagai sarana wisata yang aman, bersih dan ramah bagi keluarga dan masyarakat Kota Singkawang. Kedepan, Pemerintah Kota Singkawang menambah spot destinasi baru, seperti di taman burung akan dibangun tugu toleransi dan pemasangan lampu di tepian sungai.

Harapan kepada masyarakat untuk membantu dan menjaga apa yang telah ditata dengan baik sehingga tetap rapi. “Kita semua harus merasa memiliki, sehingga nantinya bermanfaat bagi masyarakat Kota Singkawang,” ujarnya.