Bagikan

Singkawang, MC – Posko Pusat Informasi Covid-19 Kota Singkawang yang berada di Telematics Control Management (TCM) room berupaya memberikan informasi terkini data Covid-19 Singkawang.

“Selain sebagai Call Center tanggap darurat Covid-19, di posko juga menyajikan data terkini jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan sebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP) berbasis IT,” kata Kepala Bidang E-Goverment dan Telematika Dinas Kominfo, Evan Ernanda, Rabu (29/4/2020).

Evan mengakui jumlah data yang disajikan bersumber dari Instansi terkait. “Data sebaran ODP bersumber dari Dinas Kesehatan, dan data jumlah PDP bersumber dari RSUD Abdul Aziz,” ujarnya.

Sejak dibentuk melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Singkawang, posko ini beraktivitas selama 24 Jam dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam memberikan informasi tanggap darurat covid-19 di Kota Singkawang.

Personil yang ditugaskan berasal dari Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo. Kedua dinas tersebut bersinergi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Petugas dari Dinas kesehatan menerima aduan dari masyarakat melalui Call Center yang disiapkan, nantinya ditindaklanjuti sesuai SOP kesehatan. Untuk Kominfo, menyiapkan data terkini per pukul 14.00 Wib setiap hari serta memberikan sosialisasi dan edukasi. Semuanya bekerja 24 jam,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyajikan CCTV pantau, tujuannya memantau aktivitas masyarakat Kota Singkawang ditengah pandemi Covid-19 ini.

“Sosialisasi pencegahan Covid-19 terus dilakukan melalui Website dan media sosial resmi Milik Kominfo. Kami sosialisasikan juga melalui loudspeaker di traffict light persimpangan jalan,” ujarnya.

Ia berharap dukungan dan peran serta masyarakat dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Kota Singkawang.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan pandemi covid-19 cepat selesai. Doakan kami dalam bertugas,” katanya.

Diketahui, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyiapkan Call Center tanggap darurat Covid-19 melalui Telpon (0562) 6300721 atau melalui WA 082138139749.

Call Center tanggap darurat covid-19 berada di Posko Pusat Informasi Covid-19 di TCM room kantor Wali Kota Singkawang.