Bagikan

Singkawang, MC – Pemkot Singkawang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah akan mengajukan pembangunan gedung perpusatakaan senilai Rp 4,5 Miliar ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

“Kita diberi peluang oleh Perpustakaan RI untuk mengusulkan pembangunan gedung perpustakaan,”ungkap Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Senin (12/4/2021).

Usulan perluasan gedung perpustakaan ini,  kata Walikota Singkawang tentu sebagai upaya Pemkot Singkawang meningkatkan layanan perpustakan daerah kepada masyarakat. 

“Sarana dan prasarana perpustakaan ini penting dalam mendongkrak upaya kita meningkatkan indeks pembangunan manusia melalu peningkatan indeks gemar membaca masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap nantinya dengan perluasan gedung perpustakaan ini tata kelola,  tata letak, managemen perpustakaan lebih baik lagi sehingga minat warga datang ke perpustakan semakin optimal.

“Tentunya dukungan masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam upaya bersama meningkatkan literasi guna mendukung peningkatan sunber daya manusia Singkawang dan Kalbar umumnya, ” harapnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah,  Darnila mengatakan usulan perluasan gedung layanan perpustakaan ini akan diupayakan dari dana alokasi khusus (DAK). Dimana lokasi gedung perpusatakaan akan dibangun didimana saat ini kantor perpustakaan berada. ” Untuk pengajuannya usulan tahun 2021 ini dan harapannya terealisasi tahun 2022,” jelasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Singkawang Sujianto berharap usulan pembangunan perluasan gedung perpustakaan disetujui pusat nantinya, sehingga upaya pemerintah dalam rangka meningkatlan indeks gemar membaca masyarakat kota Singkawang.

“Kita siap mendukung upaya pemkot Singkawang meningkatkan sumber daya manusia. Kita akan mengawal sejauhmana nantinya realisasi program tersebut,” katanya.