Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Forkopimda menerima 4.320 vial vaksin COVID-19 jenis Sinovac di Kantor Dinas Kesehatan Singkawang, Rabu (27/1/2021).

“Jumlah vaksin diterima sebanyak 4.320 vial,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia mengatakan dari pihak BBPOM Pontianak juga sudah mengecek guna memastikan kondisi vaksin dalam keadaan baik saat tiba di Kota Singkawang.

Untuk di Kota Singkawang, pemberian vaksin akan dilaksanakan pada 1 Februari 2021.

Pemberian vaksin tahap pertama, katanya, akan diberikan kepada forkopimda, forkopimda plus, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tenaga kesehatan.

‚ÄúTahap kedua dengan sasaran masyarakat Kota Singkawang. Namun untuk waktunya masih belum kita jadwalkan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Singkawang Barita P. Ompusunggu mengatakan dalam pengiriman pertama jumlah vaksin yang dikirim ke Kota Singkawang 4.320 vial.

“Pemberian vaksin dimulai pada 1 Februari 2021 di Kantor Wali Kota Singkawang,” katanya.

Pada peluncuran, diharapkan ada 10 pejabat publik dan tenaga kesehatan khusus ketua organisasi profesi yang siap di vaksin.

“Karena pada saat vaksin, satu tempat kita hanya bisa melakukan penyuntikan sebanyak 15 orang. Berarti dalam satu hari, jika di setiap puskesmas hanya ada tiga petugas vaksinator, berarti kita hanya bisa menyuntik sebanyak 45 orang saja dalam sehari,” ujarnya.

Pemberian vaksin tahap pertama, kata Barita bisa dilaksanakan pada Februari sehingga pada Maret, pemberian vaksin bisa menyasar kepada tenaga pelayanan publik, seperti TNI, Polri dan lain-lain.

“Untuk tenaga kesehatan yang bisa divaksin nantinya ada sebanyak 2.150 orang,” ujarnya.