Bagikan

Singkawang, MC – Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kota Singkawang Juli Wahyuni Irwan mengungkapkan, TP PKK Kota Singkawang berhasil meraih berbagai juara pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar)

HKG PKK tingkat Provinsi Kalbar tahun 2019 berlangsung di Kabupaten Sambas pada tanggal 1-3 Agustus 2019.

Juli mengatakan prestasi yang berhasil TP PKK Singkawang diantaranya, Juara I lomba Posyandu, Juara I lomna pelaksana terbaik Satuan Gerak (Satger) PKK KB Kes dan Juara II lomba penyuluhan pola asuh anak dan remaja.

Kemudian, kata Juli, PKK Singkawang juga berhasil meraih Juara III lomba usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) dan Juara III lomba parade budaya.

“Lomba parade mendapatkan  juara III. Lomba desain baju tenun motif daerah Juara III dan stand pameran masing-masing meraih juara harapan I,” kata Juli Wahyuni, Minggu (4/8/2019)

Ia merasa bangga dan bersyukur dengan hasil yang telah diraih oleh timnya, dan menurutnya hasil tersebut  menjadi motivasi bagi seluruh pengurus dan kader PKK di Kota Singkawang untuk lebih semangat dalam melaksanakan amanah sebagai mitra pemerintah.

Prestasi yang sesungguhnya tentu bukan berhenti pada hasil dari kejuaraan saja, namun sedikit banyak hasil yang diraih ini tentu dapat menjadi motivasi bagi kita semua khususnya para pengurus dan kader PKK, dan berhadap ke depan kami akan berusaha lebih semangat untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Selain mengikuti kegiatan perlombaan, PKK Kota Singkawang juga ikut serta dalam setiap event yang diselenggarakan oleh panitia.

“Dalam kegiatan HKG PKK selain berbagai lomba juga diselenggarakan rapat koordinasi. Untuk itu kami secara aktif mengikuti semua rangkaian kegiatan yang ada,” katanya.

Sebagai mitra pemerintah, Juli akan terus memimpin para kader PKK agar lebih semangat dalam berkreasi dan berinovasi serta mengabdi untuk terwujudnya keluarga yang sejahtera.

Sasaran dari pembinaan PKK adalah keluarga, dengan terlaksananya dan diterapkannya sepuluh program pokok PKK di setiap keluarga diharapkan akan terwujud keluarga yang sejahtera dan berkualitas.

Kaitannya dengan lomba yang diraih, bahwa setiap perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia merupakan pengejawantahan dari penyelenggaraan program PKK, karena semua jenis perlombaan yang dilaksanakan sesuai dengan program PKK.

Perlombaan yang diselenggarakan tidak sekedar seremonial saja. Contohnya dalam lomba Pelaksanaan KB Kes, tim Provinsi benar-benar turun di semua Kabupaten/Kota, dan KB Kes salah satu program di Pokja IV. Oleh karena itu diharapkan ini semua bisa jadi motivasi bagi kita semua.

Juli juga menyampaikan terima kasihnya selain kepada timnya yang sudah berjuang, berusaha, berkorban waktu tenaga, juga kepada OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang.

Serta seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan bantuan dan kerjasamanya sehingga PKK Kota Singkawang bisa meraih prestasi di berbagai kegiatan perlombaan.

Diakhir rangkaian kegiatan HKG PKK tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Kota Singkawang ditetapkan menjadj tuan rumah pelaksanaan HKG PKK pada tahun 2020.

Juli berharap tentu saja kita dapat menjadi tuan rumah yang baik dan dapat mensukseskan penyelenggaraan event tersebut dengan sukses.

Untuk itu,  perlu kerjasama yang solid antara PKK dan Pemeritah Kota Singkawang melalui OPD terkait dan juga seluruh masyarakat Kota Singkawang.

“Karena kita akan kedatangan tamu dari seluruh kabupaten dan kota se kalbar, maka jadilah tuan rumah yang ramah dan murah senyum,” katanya.

Juli berharap semoga tahun depan PKK Singkawang dapat mempertahankan apa yang sudah diraih.