Bagikan

Singkawang, MC – Tim Satgas Covid-19 Kota Singkawang mulai menggelar Checkpoint (pemeriksaan suhu tubuh) terhadap pengendara dan penumpang yang masuk ke Kota Singkawang di Jalan Ratu Sepudak (Simpang Vit), Kamis (6/5/2021). Hal sebagai bagian dari kegiatan pencegahan masyarakat melakukan mudik dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami bersama TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan BPBD melaksanakan pengetatan peniadaan mudik lebaran tahun 2021 dengan melakukan pemeriksaan suhu terhadap pengunjung yang masuk ke Kota Singkawang. Pemeriksaan Checkpoint ini mulai diberlakukan mulai 6-17 Mei 2021,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Adi Haryadi.

Adi mengatakan untuk di Kota Singkawang terdapat tiga Pos Checkpoint, yaitu di Pasir Panjang Kecamatan Singkawang Selatam, Bagak Sahwa Kecamatan Singkawang Timur dan Jalan Ratu Sepudak (Simpang Vit) Kecamatan Singkawang Utara.

Setiap pengunjung yang masuk ke Kota Singkawang, akan diperiksa suhu tubuhnya sesuai dengan SOP.  “Apabila suhu tubuhnya melebihi 37,5 derajat Celcius, maka kita lakukan rapid antigen. Dan apabila hasilnya reaktif jika warga Singkawang di karatina terpusat dan masyarakat luar akan dikoordinasikan ke daerah asal untuk dikembalikan,” tuturnya.

Dalam kegiatan Check Point yang digelar, pihaknya hanya fokus kepada kendaraan luar yang ingin masuk ke Kota Singkawang.

“Apabila didapati banyak barang-barang dan jumlah penumpangnya banyak, maka kami indikasikan sebagai pemudik. Sehingga kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh secara acak,” katanya.

Kapolsek Singkawang Utara AKP Harsoyo mengatakan, dalam operasi penyekatan ini pihaknya bersama stakeholder lainnya siap melakukan pemeriksaan selama 24 jam. “Kami akan full melakukan penjagaan dan pemeriksaan sesuai perintah pimpinan,” tuturnya.