Bagikan

Singkawang, MC – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang akan mengembangkan literasi digital di Kota Singkawang berjangka waktu.

“Sehingga Singkawang nantinya akan menjadi kota literasi pertama dan kota pendidikan di Kalimantan Barat,” ungkap Ketua IGI Singkawang, Alkindi, Selasa (8/12/2020).

Alkindi mengatakan IGI Kota Singkawang berupaya meningkatkan literasi digital kepada guru. Hal ini sesuai visi dan misi IGI dalam rangka merealisasikan pencanangan pengembangan enam literasi yang digaungkan pemerintah.

Keenam literasi dimaksud adalah literasi digitalisasi, literasi baca tulias, literasi numeris, literasi sains, literasi kewarganegaraan dan literasi kebudayaan.

“Untuk jangka pendek sejak mulai tahun 2018 hingga tahun 2020, kita sudah mengembangkan literasi baca tulis dan literasi digitalisasi,” ungkapnya.

Kemudian untuk jangka menengah, IGI Singkawang akan mengembangkan literasi numeris dan literasi sains di tahun 2021. Dan untuk jangka panjang, IGI Singkawang juga akan mengembangkan literasi kewarganegaraan dan literasi kebudayaan di tahun 2022.

“Sehingga final actionnya di tahun 2023. Kita ingin membuat terobosan sehingga Singkawang tak hanya sebagai kota toleransi di Indonesia tapi juga Singkawang sebagai kota literasi pertama di Kalbar dan menjadi kota pendidikan pertama di Kalbar,” ujarnya.