Bagikan

Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang berencana akan membangun rumah produksi di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. 

“Rumah produksi tersebut akan difokuskan kepada produksi hasil laut dari para nelayan lokal,” kata Kepala Dinas Pemukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kota Singkawang, Agus Priyatno, Selasa (20/10/2020).

Sehingga, hasil-hasil ikan tangkapan nelayan nanti akan diproses di rumah tersebut, jadi bukan hanya di jual basah, tetapi dengan bentuk lain.

Dia merencanakan akan segera bersinergi dengan Dinas Perdagangan Kota Singkawang dalam rencana membangun rumah produksi tersebut, pasalnya diperlukan edukasi dan arahan terlebih dahulu dari Dinas Perdagangan kepada masyarakat agar dapat memaksimalkan rumah produksi tersebut.

“Bisa saja nanti masyarakat Sedau punya produksi ikan dalam kemasan, atau output lainnya bahkan bermerek khas Singkawang,” ujarnya.

Rumah produksi tersebut, katanya, adalah sebagai upaya Pemerintah Kota Singkawang dalam membantu masyarakat dalam pemulihan ekonomi, terutama dimasa Covid-19 saat ini.

Selain itu, dana yang dipersiapkan dalam rencana pembangunan rumah produksi tersebut merupakan dana dari Pemerintah Pusat.

“Dana itu berasal dari pusat,” ungkapnya.