Bagikan

Singkawang, MC – Polres Singkawang menggelar rapat koordonasi lintas sektoral Operasi Liong Kapuas tahun 2021 di aula Mapolres Singkawang, Senin (8/2/2021).

Rapar koordinasi diikuti Sekda Kota Singkawang Sumastro, Wakil Ketua DPRD Sumberanto Tjitra, Waka Polres Kompol Haryanto, Pasi Ops Kodim Kapten Inf Taufik, PJU Polres Singkawang, Kepala OPD terkait dan Stakeholder lainnya.

Sekda Sumastro mengungkapkan Imlek dan Cap Go Meh 2021 akan terasa berbeda di masa pandemi. Perayaan yang dulunya meriah dan kolosal harus diredam.

“Sejumlah titik saat perayaan Imlek di kota Singkawang akan tetap diawasi, demi mengatur dan mengurangi kerumunan,” kata Sumastro.

Ia meminta segenap pemangku kepentingan yang hadir untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan, apalagi Imlek tahun ini di tengah pandemi. Ia berharap Imlek dan Cap Go Meh 2021 dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Meski Pandemi, tetap lakukan standar pengamanan yang sama namun lebih ketat. Singkawang sudah cukup lama dalam zona orange, sekarang kembali zona kuning. Perlu intervensi yang bersinergi dari setiap stakeholder supaya kita kembali ke zona hijau,” Ujarnya.

Waka Polres Kompol Haryanto mengatakan rekayasa pengamanan Imlek dan Cap Go Meh 2021 tidak menghilangkan unsur kota Singkawang sebagai Kota Toleran. Pengamanan dilakukan untuk menekan penambahan klaster covid-19 bagi masyarakat dan wisatawan.

menurutnya, Polres Singkawang akan menerjunkan 386 personil di beberapa titik kemungkinan keramaian terjadi. Diantaranya Taman Burung, Beringin Corner, dan vihara tengah kota

“Selain Polres Singkawang, unsur lain yang dilibatkan TNI, Brimob, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Organda, Dinas Kesehatan, BPBD, Jasa Raharja, dan Dinas Perhubungan,” ujarnya.

Daya tarik perayaan Imlek dan Cap Go Meh selalu mendatangkan wisatawan. Diantaranya berasal dari Sambas, Bengkayang, Mempawah, Pemangkat, dan Pontianak. Tingkat hunian di hotel pun meningkat drastis dari hari-hari biasanya.

Untuk mengantisipasi dan mengatur kerumunan, publikasi layanan pengamanan akan dibagikan di media sosial Polres Singkawang. Selain itu, water barrier dan pemasangan banner jalur alternatif akan disiagakan.

“Di tiap kelenteng, sejumlah pasukan gabungan bertugas mengatur jalannya ritual keagamaan secara bergantian,” katanya.

Sementara, Pasi Ops Kodim 1202 Singkawang, Kapten Inf Taufik menyatakan siap membantu Pemerintah Kota Singkawang dan Kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan Imlek dan Cap Go Meh 2021.

“Kami mempersiapkan 30 personil untuk pengamanan di tiap titik. Selain itu, kami akan mempersiapkan beberapa pasukan cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.” Ujarnya.