Bagikan

Singkawang, MC – Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi melakukan kunjungan kerja ke Kota Singkawang, Kamis (29/10/2020):

Selain  bersilaturahmi ke Pemkot Singkawang, Ia dan rombongan juga mendatangi fasilitas kesehatan diantaranya Puskesmas Singkawang Tengah II, RSUD Abdul Aziz dan RSJ Provinsi.

Oscar mengatakan, dipilihnya kota Singkawang sebagai lokasi kunjungan tidak lain karena Kota ini menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan, lantaran menjadi lokasi rujukan bagi masyarakat-masyarakat di daerah sekitar.

“Alasan kita Kunker ke Singkawang, karena dilihat dari aspek kesehatan, Singkawang merupakan pengampu bagi daerah-daerah yang ada di sekitarnya, seperti Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Landak. Sehingga RSUD Abdul Aziz Singkawang sudah layak ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan regional,” kata Oscar.

Apalagi dari sisi penanganan Covid-19, bahkan menurut ibu Wali Kota Singkawang bahwa RSUD Abdul Aziz Singkawang bukan hanya menangani pasien yang berasal dari daerah sekitar, tapi juga dari provinsi lainnya.

“Seperti Provinsi Kepulauan Riau Natuna, sehingga Kota Singkawang harus bersiap untuk memberikan pelayanan yang lebih kompherensif,” ujarnya.

Dia melihat, apa yang sudah dilakukan jajaran kesehatan di Kota Singkawang sudah cukup baik, ditambah perkembangan RSUD Abdul Aziz Singkawang cukup pesat.

“Kami di pusat akan terus berupaya untuk melakukan sesuatu guna memberikan kesehatan kepada masyarakat, seperti melalui program vaksinasi Covid-19 yang akan segera diluncurkan dengan kehati-hatian,” ungkapnya.

Artinya, sekarang ini masih dalam proses dan Insya Allah akan segera diluncurkan oleh pihak yang berwenang.

Meski nantinya sudah ada obat atau vaksinasi Covid-19, namun wabah ini akan segera berlalu tergantung dari kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Kalau masyarakat tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, tentunya itu percuma,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga meminta kepada seluruh jajaran kesehatan yang ada di Kalbar untuk selalu menjaga kesehatan, bekerja dengan benar-benar memperhatikan aturan protokol kesehatan dan tingkatkan koordinasi dengan pusat terkait dengan pemahaman protokol kesehatan dan petunjuk teknis.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran kesehatan yang sudah berjuang keras bahkan berada di garda terdepan didalam menangani kasus Covid-19,” tuturnya.

Dalam Kunker tersebut, pihak Kementerian juga memberikan bantuan berupa masker, APD, Ventilator, alat yang dibutuhkan untuk pernafasan dan alat kesehatan untuk plasma darah.

“Ini semua merupakan peralatan yang dibutuhkan oleh RSUD Abdul Aziz Singkawang,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, berterimakasih yang sebesar-besarnya lantaran perhatian kementerian kesehatan terhadap kota Singkawang sangat baik. Diharapkan kedepannya kerjasama dan komunikasi antara pusat dan daerah ini akan semakin baik dan lancar sehingga pelayanan kesehatan di Kota Singkawang akan semakin meningkat.