Bagikan

Singkawang, MC – Personil Satgas Preemtif Ops Bina Karuna Polres Singkawang memberikan imbauan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Singkawang Selatan.

“Imbauan ini untuk mengantisipasi kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat memasuki musim kemarau nanti,” kata Kasatgas Preemtif Ops Bina Karuna Polres Singkawang, IPTU Supiyanto, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, personel Ops Bina Karuna Polres Singkawang terus berupaya melakukan sosialisasi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Singkawang dengan cara sosialisasi menggunakan banner imbauan.

“Meski wilayah Kecamatan Singkawang Selatan saat ini masih aman dari Karhutla, tidak membuat kendor personel Satgas Preemtif Ops Bina Karuna Polres Singkawang untuk memberikan imbauan pencegahan Karhutla,” ujarnya.

Selain sosialisasi kepada masyarakat, personel Ops Bina Karuna Polres Singkawang juga melakukan pengawasan dengan berpatroli ke wilayah-wilayah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

“Mereka juga melakukan kampanye dengan menyambangi warga, melakukan dialogis dan juga memasang famplet yang berisi imbauan,” ungkapnya.

Menurutnya, melalui imbauan, patroli pengawasan dan dialogis diharapkan personel Ops Bina Karuna Polres Singkawang dapat secara efektif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) jika musim kemarau tiba nanti.

“Kita lebih mengutamakan tindakan pencegahan dengan cara patroli pengawasan, patroli sambang kepada masyarakat, memasang banner di daerah-daerah yang dirasa rawan terjadi kebakaran hutan jika musim kemarau datang dan juga melakukan dialogis kepada masyarakat,” jelasnya. 

Kapolsek Singkawang Selatan, IPTU Ronald Deny Napitupulu mengatakan, jika pihaknya juga selalu melakukan pencegahan.

“Untuk tindakan pencegahan sendiri kita dari Polsek Singkawang Selatan memberdayakan Bhabinkamtibmas untuk terus dan rutin melakukan sambang ke wilayah binaan dan mengkampanyekan cegah kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Dia juga memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah binaan, harapannya jika musim kemarau tiba dan terjadi kebakaran masyarakat dapat sedini mungkin memadamkan dan juga dapat bersama mencegah terjadinya Karhutla.

“Dengan rangkaian kegiatan tersebut, saya berharap dapat meniadakan ataupun menekan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan di wilayah Kecamatan Singkawang Selatan jika musim kemarau tiba,” ujarnya.