Bagikan

Singkawang, InfoPublik – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Singkawang menemukan sebanyak 4 TKI yang baru pulang dari Malaysia ke Kota Singkawang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

“Empat TKI yang kita temukan ini tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Singkawang, seperti Kecamatan Singkawang Barat 2 orang, Kecamatan Singkawang Selatan 1 orang dan Kecamatan Singkawang Utara 1 orang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Singkawang, dr. Barita, Jumat (19/3/2021).

Barita mengatakan, penelusuran dan penemuan ini berkat adanya kerja sama dari tim Satgas COVID-19 yang sudah dibentuk di masing-masing kecamatan dan kelurahan.

“Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih kepada tim Satgas Kecamatan dan Kelurahan terutama Barat, Selatan dan Utara yang sudah berusaha maksimal menelusuri dan menemukan TKI dari Malaysia yang masuk melalui Border Entikong yang hasilnya ternyata terkonfirmasi positif COVID-19,” ujarnya.

Dengan adanya temuan itu, Dinas Kesehatan dan KB Singkawang melalui puskesmas anak segera melakukan pengobatan, penanganan dan tracing kontak erat dengan pasien terkonfirmasi.

“Untuk yang Cycle Treshold (CT) nya rendah akan kita isolasi ke RSUD Abdul Aziz Singkawang, dan kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit,” ungkapnya.

Karena, apabila CT-nya rendah, biasanya jumlah virusnya tinggi dan lebih rentan menularkan virus kepada orang lain.

Barita menambahkan, hingga Kamis (18/3/2021) total pasien yang terkonfirmasi COVID-19 di Kota Singkawang ada sebanyak 54 orang.

“Dirawat di RSUD Abdul Aziz ada 8 orang, dan selebihnya melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Ia mengatakan Kota Singkawang per tanggal 28 Februari 2021 berada di zona kuning Covid-19 yang artinya zona dengan kategoti rendah.

“Meski demikian, kami tetap mengingatkan untuk tetap disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan dan keramaian,” pesannya. *MC/VV