Bagikan

Singkawang, MC – Wakil Wali Kota Singkawang Irwan bertindak sebagai inspektur upacara Hari Santri Nasional (HSN) ke-5 tahun 2019, di halaman kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (22/10/2019).

rwan membacakan manat tertulis Menteri Agama RI Lukman Hakim mengatakan bahwa HSN ditetapkan pada 22 Oktober sesuai Kepres nomor 22 tahun 2015 oleh Joko Widodo.

Dikatakannya, bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan semata, akan tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat. 

“Tamatan pesantren juga memiliki hak yang sama dengan lembaga lainnya,” katanya.

Yang lebih penting lagi katanya, agar para santri terus menjaga persatuan dan kesatuan.

Peringatan Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo dan diperingati setiap tahunnya. Pada peringatan tahun ini, Hari Santri Nasional mengusung tema “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”.

Irwan mengatakan bahwa Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian

“Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama,” kata Wakil Wali kota.

Ia berharap peringatan ini menjadi momentum bagi seluruh elemen bangsa, terutama kalangan santri Indonesia agar turut berperan aktif dan terdepan mengemban misi dan menyampaikan pesan-pesan perdamaian di dunia internasional.

Turut hadir Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama beserta jajaran dan para santri se Kota Singkawang.

MC. Kota Singkawang