Bagikan

Singkawang, MC – Setiap daerah punya tradisi tersendiri menyambut Hari Raya Idul Fitri. Seperti warga Perumahan Nugraha Permai II Kelurahan Roban Kecamatan Singkawang Tengah yang menghias sepanjang jalan masuk perumahan.

Tahun ini, warga Nugraha Permai II menghias jalan perumahan dengan lampu warna warni yang dibalut paralon. Tujuannya, agar jalanan di perumahan tersebut lebih berwarna dan indah.

Salah seorang warga, Hasan mengatakan tradisi seperti ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Tahun 2017, kata Hasan, perumahan ini dihias dengan lampu warna-warni menggunakan bambu. Kemudian Tahun 2018 dihias oleh lampu ornamen ketupat dan tahun ini dihias dengan lampu warna-warni dengan menggunakan paralon.

”Memang setiap tahun kami rutin menghias, dari tahun 2017. Maknanya untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan suka cita,” kata Hasan, Minggu (19/5/2019) malam.

Hiasan lampu warna-warni dengan balutan paralon tersebut dipajang sepanjang jalan masuk ke Perumahan Nugraha Permai II. Untuk pembiayaan, katanya, melalui swadaya warga perumahan dan pengerjaannya pula gotong-royong seluruh warga perumahan.

”Menghias jalanan ini menjadi tradisi bagi kami dalam menyambut Idul Fitri. Seluruh warga perumahan saling bekerjasama dan menyumbangkan ide dan kreativitasnya,” kata Hasan.

Ia mengatakan pemasangan lampu saat ini telah berlangsung selama empat hari. Setelah lampu terpasang semua, warga akan menghias gerbang masuk perumahan dengan nuansa Ramadan dan Idul Fitri.

“Kalau sudah selesai, Insya Allah kami akan menghias gerbang masuk perumahan dengan nuansa ramadan dan Idul Fitri,” ujarnya.

Sementara itu, Warga lainnya, Hendri mengatakan, tradisi menghias jalan perumahan, selain untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, juga semakin mempererat rasa kekeluargaan antar warga Perumahan Nugraha Permai II.

”Mudah-mudahan dengan tradisi ini, seluruh warga semakin kompak dan rukun,” harapnya.

Apalagi, kata Hendri, saat ini Pemerintah Kota Singkawang juga tengah menyelenggarakan Ramadan Fair dengan menghias sebanyak 1.440 tanglung dan ketupat disepanjang jalan protokol Kota Singkawang.

“Menghias jalanan perumahan ini, juga salah satu dukungan warga terhadap program pemerintah. Semoga kedepannya, menghias perumahan dan kampong bernuansa islami dapat diperlombakan saat Ramadan. Agar warga lebih semangat dalam menyemarakkan Ramadan,” katanya.

MC. Kota Singkawang