Bagikan

Singkawang, MC – Ribuan peserta mulai dari anak-anak, dewasa dan orang tua mengikuti Pawai Akbar 1 Muharram 1441 Hijriah tahun 2019, yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Singkawang, Minggu (1/9/2019).

Ketua PHBI Singkawang, Ruslan Karim mengatakan, pawai akbar yang diselenggarakan adalah bertujuan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah, yang mana kegiatan ini merupakan agenda tahunan PHBI Singkawang.

“Sementara makna dari 1 Muharram ini adalah sejarah berpindahnya atau hijrahnya Nabi Muhammad dari Kota Mekkah menuju Madinah,” katanya. 

Dia menambahkan, pawai akbar 1 Muharram yang digelar mengangkat tema Mengukuhkan Persaudaraan Umat Islam Dalam NKRI. 

“Pawai yang dilepas oleh Bapak Wakil Wali Kota Singkawang ini berjalan dari depan Masjid Raya Singkawang menuju Jalan Setia Budi, Kurau, Budi Utomo, Sejahtera, Diponegoro dan finish di Masjid Raya Singkawang,” ujarnya. 

Panitia juga menyiapkan ratusan Doorprize untuk para peserta yang beruntung. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan, mengimbau kepada masyarakat agar perayaan tahun baru islam ini dapat dijadikan momen untuk hijrah menuju kehidupan yang lebih baik.

 “Momentum peringatan tahun baru Islam dapat memberikan nilai positif pada kita untuk berbenah dari perbuatan yang buruk ke perbuatan yang baik. Sehingga, dapat memberikan manfaat kepada orang lain, terutama yang ada di sekitar kita,” katanya.

MC. Kota Singkawang