Bagikan

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, berdasarkan Rapid Test kepada sejumlah tenaga kesehatan di Kota Singkawang, terdapat 6 orang yang hasilnya menunjukkan Reaktif.

“Hasilnya sudah disampaikan, bahkan keluarganya juga sudah kita Rapid Test, hasilnya Non Reaktif,” kata Tjhai Chui Mie, Jumat (1/5/2020).

Menurutnya, enam petugas kesehatan yang Reaktif Covid-19 berasal dari tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Singkawang Selatan, Singkawang Barat dan Singkawang Timur. 

“Terhadap enam petugas kesehatan ini kita minta untuk melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing sambil menunggu hasil Swab,” ujarnya. 

Sedangkan untuk kondisi enam petugas kesehatan yang Reaktif sampai hari ini masih baik tanpa mengalami gejala apapun. 

Selama mereka di karantina mandiri, maka akan dilakukan pengawasan secara rutin dari Dinas Kesehatan. 

“Sambil kita rapatkan, bagi mereka yang hasil Rapid Testnya Reaktif akan kita lakukan karantina terpusat di suatu tempat. Supaya pengawasannya bisa lebih efektif,” ungkapnya. 

Terkait dengan itu pula, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Singkawang, jika memang ada warga yang berada di sekitar lingkungannya baik hasil Rapid Testnya Reaktif ataupun hasil Swabnya positif, tolong jangan dipandang terlalu panik. Tetapi masyarakat justru memberikannya semangat.  

“Karena hal itu bisa dicegah dengan tidak bersalaman, kalau bicara gunakan masker dan terapkan pola hidup beraih dan sehat,” pintanya. 

Namun yang terpenting, patuhi surat edaran pemerintah untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Singkawang.