Bagikan

Singkawang, MC – Dalam rangka HUT Kodam XII Tanjungpura ke 62 digelar Bakti Sosial Rapi Test di Kota Singkawang, Rabu (15/7/2020).

Kepala Rumah Sakit Tk. IV Singkawang dr. Bowo mengatakan kegiatan bakti sosial rapid test ini dalam rangka HUT Kodam XII Tanjungpura. Sebelumnya juga telah digelar donor darah dan penyemprotan disinfektan.

“Ada dua lokasi yang sudah ditetapkan berdasarkan hasil rapat koordinasi. Di Pasar Beringing dan Pasar Alianyang,” kata Bowo.

Ia mengatakan rapid test ini sifatnya humanis, lebih kepada pendekatan dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Kota Singkawang.

“Kegiatannya lebih humanis. Sebelumnya kita sosialisasikan kepada pedagang di lokasi tempat pelaksanaan. Tentu saja kegiatan ini bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Singkawang,” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie yang ikut menyaksikan pelaksanaan rapid test mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi sebaran Covid 19 di Kota Singkawang.

“Rapid tes itu dalam rangka HUT Kodam XII Tanjungpura sebagai upaya pencegahan sebaran Covid 19. karena memang Covid 19 ini belum berakhir,” katanya.

Ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

“Dengan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Semoga Covid 19 ini segera berakhir di negara kita dan khusunya di Kota Singkawang,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Singkawang, dr. Barita Ompusunggu menyebutkan pelaksanaan rapid test di pasar beringin dan pasar alianyang berjalan dengan lancar. Ada sekitar 368 pedagang di pasar beringin yang telah dilakukan rapid test. Sedangkan di pasar alianyang berjumlah 200 pedagang.

368 pedagang di pasar beringin terdiri dari 258 laki-laki dan 110 perempuan. Kemudian, 200 pedagang di pasar alianyang terdiri dari 135 laki-laki dan 65 perempuan.

“Kita bersyukur kesemuanya hasilnya Non Reaktif,” katanya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak.